25 radar bogor

Kemendes PDTT Fasilitasi Kepemilikan Rumah Pegawai

JAKARTA – RADAR BOGOR, Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan para pegawai, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) bekerja sama dengan Bank BNI dan PT Alexandra Citra Pertiwi untuk memberikan kemudahan kepemilikan perumahan bersubsidi.

Sekretaris Jenderal Kemendes PDTT Anwar Sanusi mengungkapkan, akses tersebut merupakan bentuk pelayanan kepada para pegawai Kementerian Desa untuk meningkatkan kesejahteraan pegawai negeri sipil (PNS) maupun non-PNS.

’’Ini bagian dari yang harus kami lakukan. Terutama memberikan pelayanan terhadap karyawan di lingkungan Kementerian Desa yang tidak lain untuk meningkatkan kesejahteraan. Perumahan merupakan satu problem yang memang selama ini menjadi tantangan,’’ ujar Sekretaris Jenderal Kemendes PDTT Anwar Sanusi di gedung Kemendes PDTT Kamis (10/10).

Anwar menjelaskan bahwa Bank BNI siap memberikan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) kepada 1.400 PNS dan 1.200 non-PNS Kemendes PDTT. Total ada 2.600 pegawai yang berpotensi membeli rumah bersubsidi.

Terdapat beberapa alasan Kemendes PDTT bekerja sama terkait program kepemilikan rumah pegawai tersebut. Pertama, dia melihat bahwa perumahan merupakan kebutuhan keluarga yang paling esensial. Di lokasi tersebut akan dibangun ekosistem keluarga yang akan membentuk masyarakat. Kedua, dia menyadari sulitnya mendapatkan akses rumah lengkap beserta tanah. ’’Untuk mendapatkan rumah lengkap dengan tanah dalam kondisi saat ini, usaha yang harus dikeluarkan cukup luar biasa,’’ kata Anwar.

Karena itu, pihaknya berharap fasilitas rumah bersubsidi di kawasan Cikarang, Kabupaten Bekasi, tersebut dapat dimanfaatkan pegawai dengan baik. Sebab, lokasi perumahan itu, menurut dia, sangat dekat dengan fasilitas transportasi umum sehingga memudahkan karyawan saat bekerja.

’’Yang ditawarkan PT Alexandra Citra Pertiwi dan didukung Bank BNI ini sangat menarik. Artinya, teman-teman di lingkungan pegawai Kementerian Desa bisa mendapatkan kesempatan untuk memperoleh rumah. Kami berharap semoga banyak yang memanfaatkan kesempatan ini,’’ paparnya.(JPG)