25 radar bogor

KNPI Setuju Menteri Jokowi Harus Berkeringat

JAKARTA – RADAR BOGOR, Senin pagi (21/10) Presiden Joko Widodo dan wapres Ma’ruf Amin akan mengenalkan kabinet barunya kepada publik. Salah satu nama yang kabarnya akan duduk di dalam jajaran pembantu presiden itu adalah Erick Thohir.

Namun, Erick yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Tim Kemenangan Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf itu, menyuarakan pernyataan bahwa posisi menteri sebaiknya dijabat oleh orang-orang yang berkeringat. Dalam arti, orang yang sudah banyak berkontribusi dalam pemenangan Jokowi.

Ini kan saya selalu bilang bahwa siapapun yang terpilih (menjadi menteri), ya saya berharap orang-orang yang berkeringat (saat Pilpres 2019),” kata Erick usai bertemu Sekretaris Kabinet Pramono Anung, di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Merespon hal itu Ketua DPP KNPI, Bambang Pria Kusuma mengatakan, pernyataan Erick Thohir tersebut merepresentasikan aspirasi relawan dan tim pemenangan yang berjuang dalam proses memenangkan Jokowi ketika pilpres.

Itu pernyataan yang menunjukan bahwa Erick Thohir punya tanggung jawab moril sebagai mantan Ketua TKN. Sekaligus, sudah sepatutnya dalam kabinet, Pak Jokowi dibantu oleh orang-orang yang memiliki pengalaman bersama dengan beliau. Chemistry itu penting” ujar Bambang dalam keterangan tertulisnya pada JawaPos.com.

Bambang juga menambahkan, menurutnya pernyataan Erick tersebut tidak bisa dipandang sebagai “politik bagi-bagi kue”. Karena yang terpenting dalam kabinet adalah keharmonisan dalam visi dan kebijakan.

Karena itu dibutuhkan figur yang tidak hanya profesional tapi juga loyal dan tegak lurus kepada presiden. Ini penting dalam rangka menciptakan keharmonisan kabinet” pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, Jokowi mengatakan, tidak lah sulit mencari orang-orang berkualitas untuk ditempatkan sebagai menteri dalam kabinet periode pemerintahan 2019-2024.

Banyak orang hebat di Indonesia. Tidak sulit menemukan mereka,” kata Jokowi melalui akun Facebook Presiden Joko Widodo, Kamis (17/10).

Bahkan, menurut Jokowi, Indonesia tidak kekurangan orang hebat. Banyak yang mampu memimpin kementerian dan lembaga. Mereka, juga senantiasa bersedia mengabdi kepada negara.

Mereka terserak di semua bidang pekerjaan dan profesi: akademisi, birokrasi, politisi, santri, juga TNI dan polisi,” ujarnya.

Jokowi juga mengklaim telah merampungkan susunan kabinet untuk periode pemerintahan 2019-2024 dan akan mengumumkanya pada Senin pagi (21/10).(JPG)