25 radar bogor

Sedan Terbakar di Jalan Tegar Beriman, Ternyata Ini Penyebabnya

Sebuah sedan terbakar di Jalan Raya Tegar Beriman Cibinong, sebagai bagian simulasi yang dilakukan Damkar Kabupaten Bogor, Senin (14/10/2019).
Sebuah sedan terbakar di Jalan Raya Tegar Beriman Cibinong, sebagai bagian simulasi yang dilakukan Damkar Kabupaten Bogor, Senin (14/10/2019). Foto Kozer/Radar Bogor

CIBINONG-RADAR BOGOR, Warga di sekitar Jalan Tegar Beriman, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor tampak panik, Senin (14/10/2019) pagi sekitar pukul 09:30 Wib. Warga panik lantaran melihat sebuah sedan Honda Civic B 1773 VRA melaju dengan kencang. Seketika, mobil tersebut menyerempet motor dan menabrak trotoar.

Akibatnya, mobil terbalik dan langsung mengeluarkan api. Mendapat laporan, selang beberapa menit tim rescue dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor mendatangi lokasi dan mengevakuasi pengendara motor yang terluka ke rumah sakit.

Sementara itu, tim Damkar dengan cepat berusaha memadamkan api yang membakar mobil karena masih ada sopir di dalamnya. Petugas bahkan terpaksa harus memotong atap mobil untuk mengevakuasi korban.

Kejadian tersebut, merupakan salah satu bagian dari simulasi yang dilaksanakan Dinas Damkar Kabupaten Bogor. “Tim harus sigap dalam berbagai peristiwa,” ucap Kasi Penguatan Kapasitas pada Damkar Kabupaten Bogor, Asman Dila kepada Radar Bogor.

Menurut dia, dalam simulasi kali ini ada tim pemadam rescue yang diturunkan sebanyak 15 orang. Kepala Dinas Damkar Kabupaten Bogor, Ma’mur mengatakan, dengan simulasi ini akan bisa langsung mengetahui bagaimana cara penanganan yang cepat dan memperbaiki kekurangan.
“Kami akan tahu bagaimana cara aman dan cepat,” katanya.

Dia menegaskan, ketika di lapangan tim Damkar jangan sampai ada kebutuhan yang terlupakan. “Alat-alat harus dipersiapkan sejak awal, sehingga bisa bergerak cepat,” katanya.

Sekretaris Dinas Damkar Kabupaten Bogor, Sigit Wibowo mengakui, pihaknya kini masih ada kekurangan peralatan, tapi fasilitas yang ada akan dimaksimalkan. “Tim rescue harus lebih unggul,” ucapnya.

Dia menyontohkan, Cibinong raya idealnya punya empat sektor karena wilayah yang luas dan padat penduduk. “Di kawasan Sentul ada banyak pemukiman hingga apartemen sehingga harus ada penanganan khusus. Untuk wilayah Cibinong butuh mobil kecil untuk penanganan jalan sempit,” katanya.(dka/c)