Beranda Nasional

Berluban di Dua Sisi, Pemkot Janji Trotoar Margonda Segera Diperbaiki

TAK LAYAK : Tampak terlihat lubang besar pada jalur pedestrian di kawasan Jalan Margonda Raya, Rabu (9/10). Hal tersebut tentunya sangat membahayakan untuk pejalan kaki. FOTO : AHMAD FACHRY/RADAR DEPOK

DEPOK-RADAR BOGOR,Kondisi pedestrian sepanjang Jalan Raya Margonda dianggap sudah tidak layak bagi pejalan kaki. Diketahui dari trotoar yang berlubang di kedua sisi jalan tersebut, akibat bekas galian pipa.

Guna menjaga keselamatan dan kenyamanan pejalan kaki, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok mulai melakukan pemeliharaan.

“Mulai hari ini (kemarin) satgas kami melakukan pemeliharaan trotoar seperti merapihkan sedikit demi sedikit coran yang rusak,” kata Kepala DPUPR Kota Depok, Dadan Rustandi kepada Radar Depok, Kamis (10/10).

Selain menambel coran trotoar, bentuk pemeliharaan juga menyasar gorong-gorong yang berlubang. Karena penutup gorong-gorong yang dicuri oleh oknum tangan-tangan nakal.

Dadan menjelaskan, pemeliharaan trotoar berada di sepanjang Jalan Raya Margonda, dari Lampu Merah Ramanda sampai Perempatan Juanda. Dimana lokasi itu merupakan wilayah terbanyak yang hilang penutup gorong-gorongnya.

“Dari Juanda-Kampus UI sudah kami perbaiki yang ambles-amblesnya. Sekarang lebih banyak di jalur Ramanda-Juanda. Kira-kira paling lambat dua Minggu sudah selesai,” jelasnya.

Terkait dana anggaran pemeliharaan ini, lanjut Dadan, pihaknya memanfaatkan anggaran kecamatan. Jalur Margonda yang akan ditata saat ini masuk dalam Kecamatan Pancoranmas.

Dimana Kecamatan Pancoranmas mendapatkan anggaran Rp1 Miliar dari DPUPR untuk pemeliharaan jalan lingkungan dan saluran air.

“Tidak sampai semuanya kita pakai Rp1 miliar, paling hanya beberapanya saja anggarannya dipakai,” tukas Dadan.

Dia menekankan bahwa langkah yang diambil untuk mengganti penutup gorong-gorong adalah dengan penutup berbahan beton. Sehingga kuat dan tidak mudah kembali dicuri oleh oknum.

“Ini untuk sementara waktu dulu, nanti kan 2021 baru kita lakukan perbaikan keseluruhan di Jalan Raya Margonda,” pungkas Dadan. (nur/radardepok/ysp)

Baca Juga