Beranda Metropolis

Penilaian Bogorku Bersih, Begini Kata Bima Arya. Lihat Videonya!

Walikota Bogor Bima Arya

BOGOR–RADAR BOGOR, Para peserta Bogorku Bersih dari berbagai kategori memadati ruang aula Graha Pena Radar Bogor, Jumat (11/10/2019) siang.

Kehadiran para peserta ini untuk mendapatkan pengarahan sebelum dilakukan penilaian oleh tim juri yang terdiri dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) beserta para tokoh Kota Bogor.

Kegiatan ini dibuka langsung Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto. Dalam pengarahannya kepada peserta, Bima mengatakan gerakan Bogorku Bersih ini mencontoh Kota Surabaya.

Dimana Bogorku Bersih melibatkan semua elemen masyarakat.

“Seperti juri melibatkan semua kalangan mulai dari akademisi hingga muspida,” ujarnya sembari mengatakan kalau gerakan ini sebagai salah satu solusi mengurangi banjir.

Dia juga mengatakan jika Adipura yang diperoleh Kota Bogor didapat berkat Biopori dan Bogorku Bersih.

“Kita dapat sertifikat Adipura karena program Bogorku Bersih dan Biopori,”

Sementara itu Dewan Juri untuk kategori Pemukiman Teratur Prof Hadi Susilo Arifin mengatakan, untuk pemukiman teratur ada dua kategori yang dinilai. Yakni perumahan dan non perumahan.

Penilaiannya terbagi menjadi enam antara lain biopori, 3R, sanitasi, keindahan dan keasrian lingkungan, inovasi dan kreativitas, partisipasi dan kreativitas.

“Ada juga dua poin tambahan yaitu Kepeloporan/Championsip Pemuda Lingkungan dan Keberlanjutan/Sustainablility,” ujarnya saat memberikan pengarahan kepada peserta.

Terkait tanaman, Hadi menegaskan bahwa tanaman lokal akan memiliki nilai lebih besar daripada tanaman dari luar negeri. Sebab, meski tanaman luar negeri terlihat cantik tapi bisa mematikan tanaman lokal. “Tanaman asing itu bisa mematikan tanaman lokal ketika di satukan, ini yang kami tidak mau,” ungkapnya.

(pin/gal)

Baca Juga