25 radar bogor

Banyaknya Gejolak Nasional, FKDM Minta Sukabumi Kondusif

Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota Sukabumi, Rudy Suharya.
Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota Sukabumi, Rudy Suharya.

SUKABUMI-RADAR BOGOR, Banyaknya, gejolak secara Nasional dari mulai isu penggagalan Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024, Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin dan adanya aksi penusukan kepada Mentri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) RI, Wiranto saat melakukan kunjungan di wilayah Banten beberapa hari lalu.

Hal itu membuat Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota Sukabumi, Rudy Suharya angkat bicara. Dirinya mewanti-wanti hal itu tidak membuat masyarakat Kota Sukabumi tidak tersulut oleh isu-isu dan ajakan-ajakan oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab dan menyesatkan untuk merusak persatuan dan kesatuan.

“Akibatnya, kita sendiri yang rugi. Sesama anak bangsa saling caci dan saling melukai. Stop semua itu sekarang atas nama sesama anak Bangsa. Saya mengharapkan warga Sukabumi tetep menjaga kondusifitas dan tetap menjaga tali persodaraan,” ungkapnya.

Rudy yang lebih akrab disapa Tjep Endo ini melanjutkan, FKDM sebagai mitra setrategis pemerintah yang memiliki aspek legalitas formal yang langsung berada dibawah naungan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) RI sudah sewajarnya ikut terlibat dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kita sebagai garda terdepan dalam mendeteksi penyakit dini masyarakat. Jadi, kita tidak mau masyarakat Kota Sukabumi terhasut oleh ajakan-ajakan yang merugikan kita semua,” katanya.

Meskipun begitu, kata Tjep Endo, dirinya meyakini semua elemen masyarakat Kota Sukabumi tidak mudah terhasut dan terprovokasi oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Walaupun menurutnya, sejatinya kultur masyarakat Kota Sukabumi itu sangat berwarna.

“Saya percaya, meskipun warga Kota Sukabumi paling kritis dan terdepan dalam menyuarakan aspirasinya. Tapi, warga Kota Sukabumi juga sangat mengutamakan kondusifitas dan persatuan yang utama. Intinya, saya percaya kepada warga Kota Sukabumi,” ungkapnya.

Bahkan, lanjut Tjep Endo, untuk menguatkan kondusifitas Kota Sukabumi yang menjadi wilayah kerjanya itu, dirinya mengaku bakal mengadakan rapat internal dengan melibatkan semua unsur Muspida di wilayah Kota Sukabumi.

“Insallah, acaranya hari senin sekarang, tempatnya di Aula Kesbangpol. Insallah, beberapa antisipasi dan koordinasi untuk menciptakan Kota Sukabumi kondusif dan aman nyaman akan kita lakukan,” akunya.(ysp/*)