Beranda Bogor Raya

Jonggol Masih Kekeringan, Warga Gelar Salat Istisqa Minta Hujan

Warga dan Santri IND Boarding School saat menggelar salat istisqa meminta hujan di lapangan Desa Sukanegara.

JONGGOL – RADAR BOGOR, Selama enam bulan bahkan lebih lamanya, masyarakat di Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor mengalami kekeringan.

Melihat permasalahan yang terjadi, seluruh elemem masyarakat di sana berikut para santri IND Boarding School gelar salat istisqa meminta hujan di lapangan Desa Sukanegara.

Camat Jonggol, Andri Rahman menjelaskan, kekeringan yang dirasakan masyarakatnya pada tahun ini cukup lama dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Bahkan kekeringan telah melanda wilayah yang dipimpinnya lebih dari enam bulan.

“Sebetulnya ini menjadi salat istisqa ke empat yang dilakukan. Karena tiga kali sudah dilaksanakan juga di tiga wilayah kabupaten, timur, selatan, utara dan barat Jonggol,” jelas Andri.

Andri juga menjelaskan, pada kemarau tahun lalu upaya yang sama juga dilakukan oleh warga. Namun, kemarau tahun ini menjadi bencana kekeringan terparah dan lebih panjang dari pada sebelumnya.

Adapun pengadaan air, menurut Andri, pihaknya dan lembaga bantuan telah berupaya untuk terus mendistribusikan air bersih kepada masyarakat.

“Alhamdulillah, pemerintah beserta seluruh elemen yang ada di Kecamatan Jonggol ini sudah bersama-sama membantu untuk pengadaan kekurangan air, baik dari PDAM, BPBD, Damkar dan berbagai pihak lainnya,” ungkapnya.

Terakhir, setelah dilaksanakannya shalat Istisqa’ ini, ia berharap agar doanya terjawab dan hujan turun di daerah ini. Untuk ke depannya, dia juga berharap agar kedepannya ada penelitian untuk pencarian air di dalam tanah Jonggol.

“Saya ingin ada penelitian terkait tanah yang ada di wilayah Jonggol, sehingga kita bisa mendapatkan air yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Jonggol” harapnya. (rp1/c)

Baca Juga