Beranda Berita Utama

Jika Belum Direspon Jokowi Hingga 14 Oktober, Mahasiswa Bakal Demo Besar-besaran

Ribuan mahasiswa dari berbagai daerah saat demo di depan gedung DPR.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang belum juga merespon tuntutan mahasiswa untuk mengeluarkan Perppu KPK, disayangkan banyak kalangan.

Kalangan mahasiswa pun medesak Jokowi segera bersikap terkait tuntutan pembatalan UU KPK hasil revisi. Presiden Mahasiswa Universitas Trisakti, Jakarta, Dino Ardiansyah mengatakan, pihaknya memberi tenggat waktu kepada Presiden hingga Senin 14 Oktober 2019. Kalau tidak, mereka akan menggelar demo yang lebih besar.

“Minimal ada statement soal kondisi hari ini, dan juga statement untuk menerbitkan Perppu KPK. Kalaupun tidak (ada pernyataan), kita minta alasan rasional. Kalau tidak ada respons, kita akan turun lagi,” kata Dino saat dihubungi wartawan, Rabu (9/10).

Harapan itu masih ditunggu setelah pihaknya bertemu dengan Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko, di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis lalu (3/10).

Dino mengungkapkan mahasiswa ingin ada kejelasan dari Jokowi. Pasalnya, Jokowi sempat mengucapkan menimbang untuk menerbitkan Perppu KPK beberapa waktu lalu.

“Itu kan baru pertimbangan. Yang kita minta sekarang, minimal ada statement akan mengeluarkan perppu. Kalau tidak menerbitkan, apa alasannya. Seperti itu,” ucapnya seperti dikutif dari kantor berita politik rmol.

Dino menambahkan, pihaknya akan kembali menjalin komunikasi dengan Moeldoko untuk menanyakan kelanjutan pertemuan mereka yang menuntut penerbitan Perppu KPK.

“Kalau sampai 14 Oktober tidak ada juga diskusi tersebut dan tidak ada statement dari Presiden, kita pastikan mahasiswa akan turun ke jalan dan lebih besar lagi,” ucap Dino.(pin/rmol)

Baca Juga