Beranda Bogor Raya

Sumber Air Mengering, Warga Tamansari Bangun Kolam Penampungan

Ilustrasi

TAMANSARI-RADAR BOGOR, Kemarau panjang membuat sejumlah sumber air di Kecamatan Tamansari, mengering.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, warga Kampung Warung Loa, Desa Tamansari, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor berinisiatif membangun kolam penampungan air.

Ketua RT 4, Sri Sulastri mengatakan, kolam ini dibuat atas dasar inisiatif warga untuk menampung air hasil bantuan dari berbagai pihak. Menurutnya, kolam yang dibuat ini cukup membantu untuk menampung air ketika bantuan datang.

“Karena ini dekat dari jalan, jadi warga gak perlu jauh-jauh berjalan kaki kalau mau ambil air bersih,” ucap Sri.

Menurut Sri, kolam ini berbahan dasar triplek dan bambu. Berukuran 4 x 6, lokasi kolam ini berada disalah satu rumah warga yang rela mengizinkan warga lainnya untuk membuat kolam tersebut.

Namun, menurut Sri, walaupun bantuan air bersih selalu ada, tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan ari bersih seluruh warga Desa Tamansari.

Hal itu terlihat dengan banyaknya antrean warga yang mengambil air dari kolam penampungan air, dalam waktu satu jam saja, kolam ini sudah kosong.

Kesulitan air bersih, kata dia, tak hanya dikarenakan musim kemarau saja, akan tetapi karena semakin minimnya daerah resapan air di wilayah kaki gunung Salak ini.

“Meskipun wilayah disini sudah beberapa kali diguyur hujan, namun sumber mata air yang selama ini diandalkan oleh warga, tidak bertambah debit airnya,” ungkapnya. (cr2/c)

Baca Juga