Beranda Politik

YLBHI Sesalkan Elit yang Jegal Jokowi Terbitkan Perppu KPK

JAKARTA – RADAR BOGOR, Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) menyesalkan adanya upaya menjegal Presiden Jokowi menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Perundang-undangan (Perppu) KPK. Salah satunya membuat narasi pemakzulan atau impeachment.

Ketua YLBHI, Asifnawati menyebut isu pemakzulan Jokowi berasal dari elit partai politik. Elit ini juga pernah mengusung hak angket yang ditujukan ke KPK beberapa waktu lalu.

Hak angket ini keluar setelah tiga hari dakwaan kasus korupai e-KTP dibacakan yang memuat dengan jelas nama-nama anggota DPR. Ihwalnya sesederhana itu,” ujar Asfinawati di Jakarta, Sabtu (5/10).

Asfinawati menyebut elit parpol yang berupaya menjegal Perppu KPK berasal dari PDI Perjuangan (PDIP) dan Partai Nasdem. Meski demikian, tidak semua anggota partai berupaya menjegal Jokowi menerbitkan Perppu.

Elitnya ya itu-itu saja, ada Nasdem, PDIP. Tidak semuanya, hanya segelintir orang di partai,” pungkas dia.

Ketua DPP Partai Gerindra, Habiburokhman menilai isu pemakzulan Jokowi karena menerbitkan Perppu KPK tidak masuk akal. Pasalnya perppu adalah merupakan kewenangan presiden yang ada dalam undang-undang.

Katanya bisa di-impeach karena menerbitkan perppu, itu bagaimana? Saya tidak habis pikir. Orang mau menggunakan kewenangan konstitusionalnya dianggap melanggar undang-undang, aneh,” ujar dia.(JPG)

 

 

Baca Juga