25 radar bogor

Waduh, Puncak Dicoret dari Destinasi Wisata Nasional. Ini Penyebabnya!

Macet Jalur Puncak
Penumpukan dan antrian panjang kendaraan terjadi di simpang Gadog, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor menuju kawasan Puncak. Sofyansyah/Radar Bogor
Penumpukan dan antrian panjang kendaraan terjadi di simpang Gadog, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor menuju kawasan Puncak. Sofyansyah/Radar Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemkab Bogor saat ini tengah berupaya untuk menjadikan kembali kawasan Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor sebagai destinasi wisata nasional.

Jadwal dan Skema Kanalisasi 2-1 Pengganti One Way di Jalur Puncak

“Puncak ini sudah dicoret dari destinasi wisata nasional karena macet, jadi kami ingin kembalikan itu,” ujar Ade, Minggu (6/10/2019).

Dia mengatakan kawasan puncak memiliki potensi wisata yang bagus namun karena lalulintas yang macet, kawasan ini tak lagi dijadikan sebagai destinasi wisata nasional.

“Disini potensi wisata bagus dan memberikan kontribusi yang besar untuk PAD, jadi kami ingin jadikan kembali ini sebagai wisata nasional dengan mengurangi kemacetan sebagai salah satu upaya,” ungkap Ade.

Ade menuturkan untuk mengatasi kemacetan akan ada program jangka panjang yakni membangun jalur puncak 2 dan program jangka pendek dengan menerapkan kanalisasi 2-1 kendaraan.

“Ini akan diujicobakan untuk kanalisasi 2-1, jadi nanti gak ada lagi one away, tetapi kanalisasi 2-1. Ketika macet ke arah atas, ke atasnya 2 lajur ke bawah 1 lajur, dan sebaliknya begitu,” kata Ade.

Dia mengatakan personel dan infrastruktur untuk menerapkan kanalisasi 2-1 ini sudah siap dan direncanakan efektif berjalan pada 27 Oktober mendatang.

“Kanalisasi 2-1 ini juga permintaan warga puncak, sabtu minggu mereka tidaj bisa berkegiatan karena macet, jadi kita coba bagaimana masyarakat bisa masuk dan keluar lancar,” kata Ade. (*/ysp)