Beranda Pendidikan

Sekolah Vokasi IPB University Selenggarakan Pelatihan IFSTAL Train the Trainers

BOGOR-RADAR BOGOR,Sekolah Vokasi IPB University bekerjasama dengan Oxford University United Kingdom dan Queensland University Australia menyelenggarakan pelatihan dengan tema “Interdisciplinary Food System Teaching and Learning (IFSTAL) Train the Trainers: to Help Develop Skills to Effectively Run an IFSTAL Course”. Pelatihan ini diselenggarakan pada 30 September dan 1 Oktober bertempat di Whiz Prime Pajajaran Hotel, Bogor.

Instruktur yang memberikan pelatihan adalah Dr John Ingram dari Oxford University dan Prof Bill Belotti dari Queensland University. Dr. John Ingram adalah IFSTAL Program Leader dan Prof Bill Belotti adalah guru besar dalam bidang sistem pangan global, School of Agriculture and Food Sciences, University of Queensland.

Menurut Dr John Ingram, IFSTAL adalah program pelatihan interaktif yang dirancang untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para mahasiswa dan praktisi tentang sistem pangan. “IFSTAL bertujuan untuk mengatasi kurangnya tenaga kerja yang terampil dalam pemikiran sistem pangan. IFSTAL mengadopsi berbagai metode pengajaran dan lingkungan belajar virtual untuk menghubungkan siswa dengan keterampilan yang saling melengkapi dari lembaga yang berkolaborasi.,” jelasnya.

Dr John Ingram menambahkan bahwa para mahasiswa nanti setelah mengikuti pelatihan atau perkuliahan IFSTAL diharapkan dapat turut serta dalam mengatasi kegagalan sistemik dalam sistem pangan yang telah menyebabkan sekitar satu miliar orang kelaparan, dua miliar kekurangan nutrisi yang cukup, dan lebih dari dua miliar kelebihan berat badan atau obesitas.

Dr Arief Daryanto, Dekan Sekolah Vokasi (SV) IPB University mengatakan bahwa pelatihan ini merupakan pelatihan yang kedua yang diselenggarakan oleh SV IPB dengan University of Oxford dan University of Queensland. Pelatihan yang pertama dilaksanakan pada bulan Februari 2019 yang melibatkan pemangku kepentingan triple helix, akademisi, industri dan pemerintah. “Pendekatan IFSTAL ini cocok dikembangkan di Sekolah Vokasi untuk para mahasiswa D4 (Sarjana Terapan) nantinya. Pendekatan IFSTAL mengedepankan sifat link and match yang dikaitkan dengan program penempatan dan praktek magang yang komprehensif dengan perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam industri pangan,” kata Dr Arief.

Lebih lanjut Dr Arief Daryanto mengatakan, “Melalui IFSTAL, para mahasiswa akan dibekali dengan pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap serta peluang yang dibutuhkan agar mereka lebih efektif di tempat kerja.”

Pelatihan IFSTAL kali ini diikuti oleh sepuluh orang peserta yang kesemuanya telah mengikuti kegiatan pelatihan seri sebelumnya yang diselenggarakan pada bulan Februari 2019 yang lalu.

Pelatihan bulan Februari yang lalu terkait dengan materi-materi pengenalan pendekatan IFSTAL, food system dynamics, systems and thinking systems dan nutrition transformation systems. Pelatihan kali ini fokusnya adalah bagaimana membangun kurikulum IFSTAL yang disesuaikan dengan kebutuhan pendidikan dan pelatihan di lingkungan Sekolah Vokasi IPB University. (*/ris)

Baca Juga