Beranda Pendidikan

Penyelam IPB University Ikuti Festival Bahari 2019

BOGOR-RADAR BOGOR,Sebanyak 20 Mahasiswa IPB University dari komunitas selam mengikuti kegiatan Festival Bahari Jakarta 2019. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada 21 – 22 September 2019 ini dilaksanakan di Pulau Tidung, Pulau Pramuka, dan Pulau Pari Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

Mahasiswa IPB University terlibat secara langsung baik sebagai rekan perwakilan dari kampus atau pun sebagai peserta lomba pada rangkaian acara Bina Cina Laut (underwater dan coastal clean up), transplantasi karang, dan penanaman mangrove di Pulau Tidung. “Kami sangat senang dapat menjadi bagian kegiatan ini, kami berharap kontribusi kecil ini memberikan manfaat bagi laut Jakarta,” ungkap Chansa Hilmira, mahasiswa Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK). “Pada kesempatan ini kami terlibat sebagai penyelam untuk melakukan underwater clean up. Sebagian teman-teman dari IPB University juga berpartisipasi di acara coastal clean up,” imbuh Penyelam yang bersertifikat open water ini.

Acara ini dibuka oleh Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (DKPKP) Provinsi DKI Jakarta. Selain itu, pada puncak acara Festival Bahari ini hadir Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan di Pulau Tidung Besar sekaligus mengakhiri rangkaian keseluruhan acara.

Festival Bahari Jakarta 2019 merupakan salah satu langkah dan bentuk komitmen Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam melakukan konservasi dan rehabilitasi ekosistem laut melalui penanaman 1 juta bibit mangrove, 1,5 juta bibit karang, dan 2,4 juta benih ikan yang akan didistribusikan dan dilepaskan ke laut sebagai bentuk restocking ikan. Pada rangkaian kegiatan ini juga diramaikan dengan berbagai kompetisi, yang diantaranya kompetisi foto underwater, foto budaya pesisir, open water swimming serta kompetisi perahu hias. (*/ris)

Baca Juga