25 radar bogor

Gempa Tektonik Magnitudo 4,8 Guncang Tasikmalaya, Warga Diimbau Tetap Tenang

Ilustrasi gempa
Ilustrasi gempa bumi
Pusat gempabumi yang terjadi di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Seni (7/10/2019) dini hari.

TASIK-RADAR BOGOR, Kabupaten Tasikmalaya dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik magnitudo 4,8, Senin (7/10/2019) dini hari.

Analisis BMKG menunjukkan bahwa gempabumi berkekuatan M 4,8 itu dengan pusat gempa terletak pada koordinat 8.27 LS – 108.24 BT, tepatnya berada di Laut pada jarak 82 km Tenggara Kabupaten Tasikmalaya dengan kedalaman 23 Kilometer.

Ditinjau dari lokasi epicenter dan kedalaman hiposenternya tampak bahwa gempa bumi yang terjadi merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Zona Subduksi Lempeng Indo-Australia, yang menyelusup menunjam ke bawah Lempeng Eurasia.

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa dirasakan di wilayah Pangandaran, Garut Selatan dengan Skala Intensitas II MMI.

Kemudian di Tasikmalaya dan Sukabumi dengan Skala Intensitas I – II MMI. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut.

Hingga laporan ini dibuat pukul 00:51 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

“Kepada Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempa bumi tersebut. Pastikan informasi resmi gempa bumi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui website (http://balai2.bmkg.go.id/),” kata Kepala BBMKG Wilayah II Tanggerang Hendro Nugroho. (ysp)