Beranda Politik

Pengamat: Nasdem Tidak Sanggup Jadi Oposisi, Ini Alasannya

Ketua Umum Nasdem, Surya Paloh.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Sulit rasanya Partai Nasdem akan berada di luar pemerintahan. Apalagi alasannya hanya karena Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh tidak akur dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komaruddin mengatakan, Nasdem yang bercita-cita menjadi partai besar tidak akan memilih jalan oposisi.

Seperti sepengetahuan umum, jaringan dan logistik politik akan mudah didapat kalau berada dalam pemerintahan. Menurut Ujang, itu yang membuat partai pimpinan Surya Paloh itu akan tetep bertahan di koalisi Jokowi-Maruf.

Dan Nasdem, tidak atau belum siap kehilangan jabatan dan fasilitas yang didapat dari negara kalau berada di luar pemerintahan. “Kalau oposisi akan kehilangan semua, dan berpotensi akan dikerjain,” ujar Ujang kepada redaksi, Sabtu (5/10).

Ketidakharmonisan Megawati dan Surya Paloh kembali dipertunjukkan di ruang publik. Mega tertangkap kamera melengos tidak menyalami Paloh di sela-sela pelantikan anggota DPR pada 1 Oktober lalu.(pin/rmol)

Baca Juga