Beranda Berita Utama

Jokowi Siapkan 750 Jabatan Baru di Tubuh TNI, Paling Banyak untuk Kolonel

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi inspektur upacara HUT ke-74 TNI di Lanud Militer Halim Perdanakusuma, Sabtu (5/10).

JAKARTA-RADAR BOGOR, Pemerintah tengah menyusun rancangan peraturan untuk penambahan jabatan baru di tubuh TNI. Penambahan ini diperuntukkan kepada perwira menengah berpangkat kolonel dan perwira tinggi.

Hal itu dipastikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam amanatnya selaku inspektur upacara HUT ke-74 TNI di Lanud Militer Halim Perdanakusuma, Sabtu (5/10).

“Pemerintah saat ini sedang melakukan harmonisasi rancangan peraturan presiden tentang organisasi TNI yang akan menambah lebih dari 450 posisi baru untuk perwira berpangkat kolonel dan 300 lebih posisi baru untuk perwira tinggi TNI,” ucap Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan, saat ini penambahan baru diputuskan untuk 60 jabatan perwira tinggi. Apabila target penambahan jabatan tersebut telah terpenuhi, Jokowi berharap peran prajurit TNI bisa lebih optimal.

Selain jabatan, pemerintah juga terus berupaya menambah jumlah alat utama sistem persenjataan (alutsista) guna memenuhi target kekuatan pokok minimum atau Minimum Essensial Forcer (MEF) tahap II.

Aspek kemandirian industri pertahanan nasional juga tak lupa dari fokus pemerintah ke depan. Hal ini sesuai dengan yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2012 tentang Industri Pertahanan. “Serta meningkatkan kualitas pendidikan dan latihan prajurit TNI untuk mendukung profesionalisme prajurit,” pungkas Jokowi.

TNI hari ini, Sabtu (5/10) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74. Acara dilangsungkan di Pangkalan Udara (Lanud) Militer Halim Perdanakusuma, Jakarta. HUT Ke-74 TNI Tahun 2019 mengusung tema ‘TNI Profesional Kebanggaan Rakyat’. Upacara peringatan dimulai pukul 08.00 WIB. Bertindak selaku Komandan Upacara adalah Asops Dankormar Kolonel Mar Y. Rudy Sulistyanto.

Kekuatan pasukan parade berjumlah 6.806 personel terdiri dari lambang-lambang kesatuan 60 personel. Kekuatan pasukan defile dan alutsista terdiri dari Defile POM TNI (48 personel, 24 unit alutsista), Defile Matra Darat (1.172 personel, 415 unit alutsista), Defile Matra Laut (522 personel, 116 unit alutsista), Defile Matra Udara (259 personel, 58 unit alutsista). Defile dipimpin oleh Kolonel Inf Sachono (Dirbinsismet Pusterad) selaku komandan defile.

Sedangkan demonstrasi ketrampilan prajurit terdiri dari Kolone Senapan, Bela Diri Militer, dan Tari Perang Garuda, Terjun Payung, Demo Udara (Fly Pass, BTU, Tempur Udara & Composite Strike, Jupiter Aerobatic, Boms Burst). Adapun pesawat udara yang dikerahkan dalam rangka HUT ke-74 TNI Tahun 2019 berjumlah 157 unit milik TNI AD, TNI AL, dan TNI AU.(JPC)

Baca Juga