Beranda Metropolis

Jangan Lupa! Ini Daftar Dokumen yang Harus Disiapkan Sebelum Ikut Tes CPNS

Salah satu pelamar CPNS melengkapi dokumen

JAKARTA-RADAR BOGOR,Pemerintah akan mengumumkan rekrutmen calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2019 pada minggu keempat Oktober ini. Selanjutnya, pendaftaran dimulai bulan November, dan seleksi administrasi dilakukan pada Desember.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengungkapkan, total formasi yang akan dibuka dalam rekrutmen kali ini seluruhnya mencapai 197.111, dengan perincian untuk kementerian/lembaga (K/L) sebanyak 37.854 formasi dan untuk daerah sebanyak 159.257 formasi.

Catat! Berikut Jadwal Lowongan dan Pendaftaran CPNS 2019, Segini Kuotanya

“Namun angka-angka tersebut masih dalam tahap finalisasi,” tulis Ridwan dalam keterangannya, Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Ridwan menjelaskan jumlah formasi itu masih dalam tahap finalisasi karena ada lima pertimbangan. Pertama, formasi kementerian dan lembaga harus sesuai dengan skema kabinet yang baru pasca pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober mendatang. Sebelum ikut tes CPNS pastikan melengkapi dokumen pendukung sebagai berikut

1. Kartu Keluarga (KK)

2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)

3. Ijazah

4. Transkrip nilai

5. Pas foto

6.Dokumen lain sesuai ketentuan instansi yang akan dilamar

Lalu pelamar diminta membuat akun di sscn.bkn.go.id yang bisa diakses di link https://sscn.bkn.go.id/ lengkapi semua data dan persyaratan yang dibutuhkan.

Tertarik Ikut Seleksi CPNS? Cek di Sini Link Pendaftarannya

Kemudianuat Kartu Informasi dan lengkapi semua data dan persyaratannya

Untuk kemudian masuk tahap Verifikasi. Pelamar dimohon menunggu untuk verifikasi data yang disetor ke BKN. Tim akan verifikasi berkas pelamar yang sesuai dengan persyaratan.

(antara/ysp/tri)

Baca Juga