Beranda Metropolis

Jamcab VI, Pusdiklatcab Bina Anggota Dewasa

BOGOR-RADAR BOGOR, Jambore Cabang (Jamcab) VI Gerakan Pramuka Kota Bogor tidak hanya menjadi pesta Pramuka Penggalang, tapi juga para pembina. Melalui Pusdiklatcab (Pusat Pendidikan dan Latihan Cabang) 374 anggota dewasa yang terdiri pembina dari setiap gugus depan, diberi materi mengenai manajemen kepramukaan.

Kepala Pusdiklatcab, Asep Saipul menuturkan, Pusdiklatcab diharapkan dapat meningkatkan kompetensi pembina pramuka. Sebab, para pembina didorong memiliki sertifikasi kepramukaan mulai dari tingkat dasar, hingga lanjutan.

Selain itu, pada kegiatan hari ini diharapkan para pembina di setiap gugus depan dapat menambah wawasan dan pengetahuan. Pembina juga dapat mengembangkan konsep bagaimana teknik membina para anggota muda.

“Kalau ini dapat dilaksanakan, bukan tidak mungkin Kota Bogor memiliki banyak gugus depan unggul,” tutur Asep, Kamis (03/10/2019).

Sementara itu, pembina pramuka SDN Kebon Pedes 3 Kwaran Tanah Sareal, Neni Kurnia mengaku kegiatan ini menjadi pengalaman yang sangat berharga yang digagas Pusdiklatcab pada Jambore tahun ini.

“Forum ini selain menjadi wadah silaturahmi antar pembina, juga dapat belajar dengan gugus depan dan ranting lain. Semoga kedepannya dapat terkoordinir lebih baik lagi,” kata Neni. (Hari / Humpro)

Baca Juga