Beranda Pendidikan

2.305 Siswa SMA Kuliah Sehari di FMIPA IPB University

JAKARTA-RADAR BOGOR,Menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik di tanah air, tentu banyak siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) yang menargetkan IPB University sebagai perguruan tinggi pilihannya. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) adalah fakultas di IPB University yang memiliki program studi terbanyak dibanding fakultas kainny.

Ada sembilan program studi sarjana di fakultas ini. Sehari Kuliah di FMIPA IPB University merupakan usaha FMIPA dalam mempromosikan diri di kalangan guru dan siswa SMA.

Acara yang diselenggarakan di Common Classroom (CCR), Kampus Dramaga (29/9) ini dihadiri oleh 2.305 siswa dan 350 guru pembimbing. Sekolah yang ikut berpartisipasi berasal dari daerah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), Sukabumi, dan Cianjur. Selain promosi setiap program studi pada para siswa yang dilaksanakan di tiap kelas, para guru pun turut diberi wawasan mengenai FMIPA sebagai wadah ilmu dasar.

Dekan FMIPA, Dr Ir Sri Nurdiati, mengatakan FMIPA sangat dibutuhkan dimanapun sebagai sarana kolaborasi. Semua ilmu yang terhimpun dalam fakultas ini merupakan ilmu dasar yang berperan sebagai akar dari ilmu-ilmu lainnya. Contohnya saja, jelas Dr Sri, pengembangan teknologi bernama smart agriculture yang sedang dilakukan oleh IPB University memerlukan ilmu komputer. Selain itu, Departemen Biologi FMIPA IPB University merupakan satu-satunya yang memiliki jurnal ilmiah nasional yang masuk dalam kategori Quartil 2 (Q2) untuk bidang Agricultural and Biological Sciences.

Selain menyampaikan prestasi dari FMIPA, Dr Sri menjawab pertanyaan para guru mengenai jalur masuk IPB. Dr Sri berpesan bahwa banyak sekali yang berminat untuk masuk ke IPB University sedangkan kuota setiap tahunnya terbatas. Untuk itu, dibutuhkan langkah-langkah strategis dalam memilih jurusan yang diminati.

Jika para guru diberi pengarahan oleh Dekan FMIPA IPB University, para siswa dibagi-bagi dalam kelompok untuk mendengar sosialisasi dari ketua dan sekretaris departemen. Selain itu, para siswa diberikan kuliah langsung oleh dosen-dosen dari tiap departemen untuk memberikan sensasi sebagai mahasiswa FMIPA dalam sehari. (ASK/ris)

Baca Juga