Beranda Berita Utama

Polri: Tidak Ada Nomor Anggota Polisi dalam Grup WA Anak STM

Kasubdit II Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Kombes Rickynaldo Chairul (kiri) memberikan keterangan kepada awak media.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Setelah sempat viral dan menjadi perdebatan di masyarakat, aparat kepolisian akhirnya melakukan pendalaman terhadap nomor-nomor yang disebut milik anggota Polri dalam WhatsApp Group (WAG) anak STM.

Kasubdit II Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Kombes Rickynaldo Chairul menguraikan bahwa pendalaman dilakukan untuk meluruskan isu yang telah beredar di kalangan media sosial atau warganet. Terlebih, polisi disebut sebagai kreator dalam isu tersebut.

“Kita lakukan pemeriksaan mendalam satu per satu nomor-nomor yang masuk nomor grup WhatsApp tersebut,” kata Ricky kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (2/10).

Setelah diprofiling satu per satu nomor dalam WAG yang disebut milik anggota Polri ternyata tidak ada. “Saya berharap penjelasan yang kami sampaikan ini bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan netizen,” ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya kini masih mendalami satu persatu member dalam WAG anak STM tersebut. Pasalnya, banyak anggota member menggunakan nomor hanya untuk akun WhatsApp.

“Agak sulit karena ada nomor yang aktif di WA saja, di provider tidak aktif,” imbuh dia. Terkait hal ini, jajaran Ditipidsiber Bareskrim telah menetapkan tujuh orang tersangka. Salah satunya merupakan kreator alias pembuat grup.

Salah seorang netizen sempat mengungkap bahwa ada nomor milik anggota Polri dalam WAG anak STM tersebut. Hal itu diketahui saat dicoba menggunakan aplikasi True Caller dan muncul nama seseorang berpangkat polisi.(pin/rmol)

Baca Juga