Beranda Bogor Raya

Pancaroba, Masyarakat Diimbau Waspada Puting Beliung dan Pohon Tumbang

Ilustrasi pohon tumbang.

CIBINONG – RADAR BOGOR, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor mengimbau masyarakat waspada. Imbauan ini dikeluarkan mengingat wilayah Kabupaten Bogor sudah memasuki musim pancaroba.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bogor, Dede Armansyah, di musim pancaroba ini potensi puting beliung, dan hujan disertai angin kencang cukup besar.

Dede meminta masyarakat sudah mengambil antisipasi, di antaranya dengan memperkokoh atap bangunan atau rumah. “Sekolah dan intansi yang memiliki pohon besar dan berpotensi tumbang juga harus diantisipasi, salah satunya dengan pemangkasan,” kata Dede kepada wartawan.

Tidak hanya itu, Dede juga meminta masyarakat mewaspadi hujan petir. Untuk itu, Dede mengimbau masyarakat menghindari area terbuka.

Di sisi lain, BPBD juga terus menyosialisasikan tanggap bencana, hingga pembentukan Desa Tangguh Bencana (Destana). Kali ini, pembentukan Destana dilakukan di Desa Lumpang, Kecamatan Parungpanjang, Kabupaten Bogor.

Dalam kegiatan ini, ada sekitar 20 perwakilan masyarakat yang mendapat pembekalan dan dilakukan tiga hari, sejak 1 Oktober hingga 3 Oktober 2019.

“Pembekalan yang diberikan meliputi pemahaman manajemen bencana, pemetaan partisipartif, penyelamatan atau pertolongan dan evakuasi, P3K, rencana pembuatan dokumen dan simulasi penanganan bencana,” imbuh Dede. (dkw)

Baca Juga