Beranda Metropolis

Lapas Paledang Gelar Pentas Seni dan Lomba Marawis

BOGOR-RADAR BOGOR, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim menghadiri peringatan Hari Dharma Karyadhika ke-74, di Gedung Aula Graha Sahardjo Lapas Kelas II A Paledang Bogor, Rabu (2/10/2019). Salah satu rangkaian acaranya adalah pentas seni dan lomba marawis antar Pesantren se-Kota Bogor. Sebanyak sepuluh pondok pesantren ikut andil bagian dalam pentas tersebut.

“Kita dapat memperlihatkan kepada peserta bahwa Lapas keadaannya seperti ini dan ini suatu reintegrasi untuk warga binaan. Kemudian, Pemerintah Kota Bogor memang akhir-akhir ini memperhatikan hal-hal seperti ini terutama dalam hal pembinaan. Dari acara ini kita bisa mendapat ilmu yang ada dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Dedie dalam sambutannya.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas II A Bogor Teguh Wibowo mengatakan, secara umum kegiatan tersebut merupakan terobosan anyar. Lomba marawis ini sengaja dipilih untuk menciptakan nuansa islami di Lapas yang dipimpinnya.

“Perlombaan marawis itu kan banyak nilai positifnya. Lantunan ayat suci, salawat ada semua di dalam lagunya. Mungkin dengan begitu suasana Lapas ini bisa lebih sejuk, damai dan tentram,” ujar Teguh.

Tak hanya itu, kegiatan tersebut juga diharapkan menjadi salah satu sarana untuk memberikan pemahaman dan sedikit gambaran kepada masyarakat luas. Kondisi Lapas tak selalu mencekam seperti yang dibayangkan oleh masyarakat pada umumnya.

“Ini banyak adik-adik peserta dan pihak pondok pesantren dari luar, agar mereka tahu kondisi lapas itu tidak seperti yang mereka bayangkan selama ini atau kayak di film-film seperti itu. Kita juga ingin tunjukan kepada semua kalau di sini juga banyak kegiatan positifnya,” ungkapnya. (Humpro :Alif/Ryan/Pri)

Baca Juga