Beranda Berita Utama

Ikut Demo di DPR, Dua Siswa SD Diamankan Polisi

Aksi unjuk rasa menentang RUU KHUP beberapa waktu lalu. (Antara)

JAKARTA-RADAR BOGOR,Sebanyak dua orang siswa Sekolah Dasar (SD) diamankan oleh Polres Metro Jakarta Utara. Para bocah itu dibawa ke kantor polisi lantaran ikut berdemonstrasi di depan gedung DPR RI Senayan, pada Senin (30/9) lalu.

“Banyak anak-anak yang terlihat seperti anak sekolah pada tergeletak tidur di trotoar depan Kejari dan seputaran terminal serta stasiun Tanjung Priok,” kata Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Budhi Herdi saat dihubungi, Rabu (2/10).

Saat ditemui petugas, anak-anak ini dalam kondisi kelaparan. “Diamankan ke Mapolres untuk diberi makan minum dan perlindungan lainnya,” imbuhnya.

Dari sekelompok anak-anak ini, dua diantaranya merupakan pelajar SD. Mereka berasal dari luar daerah. “Ada yang dari Cirebon, Cikampek, Sumedang bahkan Kuningan. Saat mengamankan tersebut, ternyata ada dua anak SD yang juga abis ikut demo ini anak kelas 6 SD di Cikampek,” kata Budhi.

Dua siswa SD yang diamankan yakni MJC, 11, dan RB, 13. Mereka datang ke Jakarta menggunakan kereta api.

Anak-anak ini mengaku datang ke Jakarta karena ada ajakan dari orang lain. Mereka dijanjikan sejumlah uang setelah melakukan demonstrasi. Namun, apa yang diharapkan tak terwujud. Pihak yang menjanjikan uang itu nyatanya menghilang.

“Katanya dibayar kalau udah nyampe sana, setelah nyampe sana nyari yang mau ngasih nggak ketemu. Makanya ada sebagian yang balik kanan, ada sebagian yang lanjut karena terprovokasi,” jelasnya. (JPG)

Baca Juga