Beranda Bogor Raya

Hujan Turun, Air Kali Dramaga Meluap ke Rumah Warga

Warga menunjukkan selokan yang airnya sempat meluap ke Perumahan Dramaga Hijau, Selasa (1/10/2019).

DRAMAGA-RADAR BOGOR, Warga perumahan Dramaga Hijau RT 01/01, Desa Babakan, Kecamatan Dramaga, mengeluhkan buruknya saluran kali Dramaga.

Sebab, ketika turun hujan rumah warga kerap kebanjiran bahkan luapan air kali Dramaga membanjiri Jalan Raya Dramaga.

Warga Perumahan Dramaga Hijau, Ali Asgar (54) mengatakan, meluapnya aliran kali Dramaga disebabkan pendangkalan kali, banyaknya sampah dan ada penyempitan ketika hujan turun ari meluap ke rumah warga.

“Dari hulu kali Dramaga menyempit sering kali meluap ke rumah setinggi lutut orang dewasa,” keluhnya.

Hal senada, warga lainnya Abidin Sait menambahkan, kali Dramaga yang melewati dua Desa yakni Dramaga dan Babakan banyak bangunan rumah sehingga terjadi penyempitan kali.

“Selain perlunya dilakukan normalisasi kali, dan adanya penyempitan kali harus segera di atasi jangan sampai warga perumahan Dramaga Hijau kebanjiran,” jelasnya.

Sementara itu, Pjs Desa Babakan, Ari Susianto mengungkapkan, adanya keluhan warga tentunya pihak desa bakal menyurati pihak terkait yakni UPT Pengairan. Karena, normalisasi kali Dramaga sudah ada kewengannya.

“Tidak hanya normalisasi, karena banjir disebabkan penumpukan sampah warga juga di himbau agar tidak membuang sampah rumah tangga ke kali,” tutupnya. (nal/c)

Baca Juga