Beranda Metropolis

Motivasi Anak Yatim, Ade Sarip: Orangtua Saya Pernah Tak Punya Biaya untuk Sekolahkan Saya

BOGOR-RADAR BOGOR, Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat menerima silaturahmi dari Yayasan Yatim Mandiri Bogor, Senin (30/9/2019). Tawa ceria lepas di ruangan Paseban Surawisesa, Komplek Balai Kota Bogor saat 15 anak yatim yang hadir memberikan pertanyaan lugu kepada Ade Sarip.

Para anak yatim yang masih usia sekolah dasar itu bertanya seputar makanan dan minuman favorit hingga perihal masa kanak-kanak Ade Sarip. Bahkan, Sifa Ayutanza bertanya mengenai apakah tugas Sekda itu enak atau tidak?

Ade Sarip pun menjawab setiap pertanyaan yang disampaikan kepada dirinya. Ade menceritakan kehidupannya mulai dari kecil hingga menjadi PNS. Pahit getir kehidupan juga dirasakan Ade Sarip ketika sang orangtua tak memiliki biaya untuk menyekolahkannya.

“Apa yang dicapai saat ini buah dari kesabaran dan kegigihan menuntut ilmu dan berusaha, ditambah doa dari kedua orang tua yang pada akhirnya mengantarkan saya seperti sekarang, hingga saya menjadi Sekda Kota Bogor,” ungkap Ade.

Mendapatkan pengalaman melalui cerita dari Sekda Kota Bogor, para anak yatim sangat antusias mendengarkannya. Rasa keingintahuan mereka yang tinggi tentang profesi sebagai Sekda juga membuat Ade memberikan banyak motivasi kepada mereka agar tekun belajar dan beribadah serta patuh kepada orang tua.

Kepada para anak yatim, orang tua dan pendamping, Ade menekankan untuk tidak meninggalkan ibadah sholat 5 waktu dan terus belajar mengaji agar mendapat keberkahan hidup di dunia dan akhirat.

Menurut Kepala Cabang Yayasan Yatim Mandiri Bogor Rossy, kegiatan silaturahmi memang menjadi agenda di bulan Muharram, dimana para anak yatim di Yayasan Yatim Mandiri di seluruh Indonesia bersilaturahmi dengan pejabat di masing-masing daerah

“Tujuannya dalam rangka memotivasi, mendorong dan menginspirasi para anak yatim agar tetap berusaha di tengah kondisi yang terbatas. Jika di sanggar mereka hanya diberi materi melalui kegiatan ini mereka secara mendapat pelajaran dan pengalaman. Di Bogor, setidaknya ada 12 sanggar genius Yatim Mandiri, diantaranya Sempur Kaler, Ciomas dan Salabenda,” jelas Rossy.

Pada kesempatan tersebut, para pembimbing meminta doa dan dukungan dari Pemkot Bogor karena pada November 2019 ada 10 anak yatim Yayasan Yatim Mandiri akan mengikuti olimpiade matematika dan Al Quran tingkat nasional di Jakarta. (Humpro:rabas/ismet/syafiera/hanif/pri)

Baca Juga