Beranda Berita Utama

Smart SIM Resmi Diluncurkan, Tersedia Disemua Samsat. Apa Saja Kelebihannya?

Smart SIM resmi diluncurkan

JAKARTA-RADAR BOGOR, Mulai hari ini, Senin (23/9/2019) masyarakat bisa mendapatkan Smart SIM (surat izin mengemudi).

Korlantas Polri memastikan bahwa layanan tersebut secara resmi telah tersedia di semua samsat seluruh Indonesia.

Smart SIM memiliki tiga kelebihan dibanding SIM biasa. Yakni, bisa mencatat perilaku berkendara, terkoneksi dengan Kemendagri untuk kepentingan penegakan hukum, dan sebagai uang elektronik.

Sudah ada tiga bank yang bekerja sama untuk fungsi sebagai fungsi uang elektronik tersebut, yakni Bank Mandiri, BRI dan BNI.

Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri menjelaskan, Smart SIM telah tersedia di semua provinsi, terutama ibu kota provinsi. Namun, tetap bertahap karena ada material SIM lama yang belum habis. ”Nanti akan pula dikirim ke setiap polres,” tuturnya kemarin.

Meski diterapkan Smart SIM, tidak ada kenaikan biaya pembuatan SIM. ”Jadi, kalau masyarakat masa aktif SIM sudah habis, silakan dapatkan Smart SIM,” terangnya. Smart SIM juga bisa digunakan untuk membayar biaya tilang.

Bagaimana legalitas SIM lama? Refdi menjelaskan, SIM dengan kartu lama tetap menjadi tanda legalitas mengemudi. Namun, nanti saat masa aktifnya habis, akan diganti dengan Smart SIM. ”Nggak masalah dengan SIM lamanya,” ujarnya.

Dengan diluncurkannya Smart SIM, Korlantas juga mulai melakukan evaluasi terhadap layanan tersebut. Refdi meminta masyarakat untuk memberikan masukan. ”Ini diluncurkan sekaligus dievaluasi, apakah perlu perbaikan dan sebagainya,” ucapnya.

Di bagian lain, Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto menuturkan, launching Smart SIM tersebut bersamaan dengan peringatan Hari Lantas Bhayangkara ke- 64. Saat ini Korlantas telah berperan besar dalam melayani masyarakat.

”Terutama peningkatan pelayanan berbasis teknologi,” katanya. Dia berharap Korlantas makin bersemangat memberikan pelayanan kepada masyarakat. ”Sehingga kepercayaan publik terus meningkat, sesuai dengan Promoter Polri,” imbuhnya.

Sementara itu, untuk penerbitan Smart SIM Polri menggandeng beberapa bank BUMN. Salah satunya, Bank Mandiri. Menurut SVP Government & Institutional Bank Mandiri Teddy Y Danas, inovasi berbasis teknologi digital tersebut memadukan fungsi forensik kepolisian, pelanggaran lalu lintas, dan uang elektronik.

”Smart SIM dilengkapi dengan chip yang akan menyimpan seluruh data identitas pemegang SIM secara detail, termasuk rekam jejak pelanggaran (traffic attitude record) serta transaksi pembayaran uang elektronik,” paparnya.

Inovasi tersebut, kata Teddy, makin memudahkan pemegang SIM dalam membayar tilang serta meningkatkan penetrasi uang elektronik di masyarakat. Dalam kerja sama itu, Bank Mandiri memfokuskan pada keandalan kartu dan jumlah merchant yang bisa diakses. ”Sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat Smart SIM secara optimal,” lanjutnya.

Selain itu, pemegang Smart SIM dapat melakukan pengisian (top up) dana pada kartu melalui ATM, kantor cabang, serta ribuan merchant retail seperti Indomaret, Alfamart, dan Alfamidi. Top up juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi e-money isi ulang atau Mandiri Online yang ada di telepon pintar yang memiliki fitur NFC (Near Field Communication).

Dalam implementasinya, Teddy menjelaskan, Smart SIM akan dapat memiliki fitur uang elektronik setelah mendapatkan persetujuan Bank Indonesia. Dengan begitu dapat digunakan untuk pembayaran tol, parkir, MRT, KRL Commuter line, dan lainnya. ”Pastinya, Smart SIM ini akan mengurangi jumlah kartu yang dibawa dalam dompet pengemudi,” tambahnya.

Ke depan, Smart SIM dengan fungsi sebagai Mandiri E-money ini akan dapat ditransaksikan di lebih dari 62 ribu outlet, termasuk diantara 32 ruas tol, parkir, bus (Transjakarta, Trans Jogja dan Batik Solo Trans), Kereta (RaiLink Medan dan KCJ), parkir (Quality Parking, Secure Parking dan Parkir Stasiun Reska dan Terminal Parkir Elektronik di Jalan Sabang, Kelapa Gading dan Falatehan), merchant retail (Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Lawson, Lion Superindo, Circle-K, Hypermart, Family Mart, Mini Mart, Pepito, Coco Mart, Nirmala Mart dan Hardys Retail), SPBU Pertamina, Restaurant Fast Food (Solaria, Es Teler 77 dan Holland Bakery), dan Arena Rekreasi (Medan Fantasi, Hawaii Waterpark Malang, Waterboom Cikarang, Water Kingdom, Sari Ater dan Amazone). (idr/ken)

Baca Juga