25 radar bogor

Paduan Suara Sekolah Vokasi IPB University Sabet Medali Emas di Penabur International Choir Festival 2019

BOGOR-RADAR BOGOR,Paduan Suara Mahasiswa (PSM) D’Voice Sekolah Vokasi (SV) IPB University berhasil memboyong medali emas kategori Mixed Choir pada ajang Penabur International Choir Festival tahun 2019 (7/9) di Jakarta. Tahun ini, Penabur International Choir Festival diikuti peserta dari enam negara yaitu Singapura, Malaysia, Vietnam, Filipina, Jepang dan Indonesia.

“Pada event ini kami mencoba mengikuti kategori mix choir, jadi kami ikut kategori ini dalam rangka untuk mempersiapkan lomba di Polandia bulan November mendatang,” ungkap Gilang Muharram Ilham, Ketua PSM D’Voice.

Ia menuturkan, tujuan dari mengikuti event ini adalah mempersiapkan mental supaya lebih siap menghadapi perlombaan di Polandia mendatang. Dengan demikian, melalui event ini bisa didapatkan bibit-bibit unggul yang memiliki jiwa kompetisi.

Selain persiapan melalui perlombaan, Gilang dan timnya mengaku telah memulai persiapan sejak awal tahun 2019. Persiapan tersebut dilakukan lebih awal dengan maksud supaya para anggota dapat membangun chemistry dengan sesama anggota lainnya.

“Untuk menjadi solid dan menjadi sebuah tim itu kan harus sama-sama saling mengenal, kemudian ada chemistry antar tim, supaya ketika ikut kompetisi dapat merasakan kebersamaan tim,” tutur Gilang.

Meskipun belum mampu menyamai paduan suara profesional, Gilang mengungkapkan latihan bersama menjadi kunci dalam membangun chemistry ketika menjelang lomba.

“Kalau sudah ada chemistry antar tim, pasti bisa solid, kalau solid, untuk menang itu lebih mudah,” pungkas Gilang.

Ia bersyukur karena pada lomba kali ini memperoleh medali emas. Meskipun demikian, perlombaan kali ini akan menjadi pelajaran untuk perlombaan yang akan datang.

Sampai saat ini, PSM D’Voice SV-IPB University telah memperoleh prestasi baik di skala nasional maupun internasional. Tercatat bahwa PSM D’Voice berhasil meraih 1st Runner Up Gold Medal for Mixed Category dan 3rd Runner Up Gold Medal for Folklore Category pada ajang Festival Paduan Suara Gita Buana Soedirman (FPS GBS) III di Universitas Padjajaran tahun 2018, Gold Prize for Mixed Choir Category dan Champion of Folklore Category pada ajang Praga Cantat 2015 – 29th International Choral Competition and Festival di Praha, Republik Ceko. (Rosyid/Zul)