25 radar bogor

Gandeng Orchestra Addie MS, YAPI Kumpulkan 2.25 M untuk Beasiswa

BOGOR-RADAR BOGOR,Yayasan Alumni Peduli IPB University (YAPI) kembali menggelar konser amal bertemakan “Charity Orchestra Concert: Voices That Care #2” yang dilaksanakan di Taman Ismail Marzuki, Jakarta (11/9). Konser kali ini menghadirkan Twilite Orchestra besutan komposer Addie MS, Vina Panduwinata, Yana Yulio, Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Agriaswara IPB University dan jajaran artis ibu kota lainnya. Konser tersebut mengalunkan lagu-lagu era 80an yang diaransemen oleh Twilite Orchestra. Dalam konser tersebut pula terkumpul dana beasiswa senilai 2.25 miliar rupiah untuk mahasiswa IPB University yang membutuhkan.

Dalam kesempatan ini Rektor IPB University, Dr Arif Satria menyampaikan peran IPB University dalam mencetak Sumberdaya Manusia (SDM) unggul untuk Indonesia. “Saya sangat bersyukur atas terlaksananya konser pada malam hari ini, yang saya rasa ini mampu menyadarkan kita semua akan pentingnya pendidikan. IPB University memiliki kompetensi dan peran yang sangat penting dalam membangun sumberdaya manusia. Di tengah kondisi dunia yang terus berubah, IPB University terus berupaya untuk mencetak SDM unggul bagi Indonesia. IPB University terus berjuang untuk memberikan pendidikan yang baik bagi semua kalangan,” ujarnya.

Menurutnya, ada tiga kunci yang membuat IPB University selalu eksis. Yakni mahasiswa dan alumninya memiliki integritas, inovasi, dan inspirasi. Maka dari itu IPB University kini memiliki motto Inspiring Innovation with Integrity.

“Saya sangat mengapresiasi usaha YAPI untuk terus melaksanakan penggalangan dana beasiswa. Memang secara statistik, mahasiswa IPB University sebagian besar memiliki kemampuan ekonomi yang relatif rendah dan banyak yang berasal dari keluarga yang kurang mampu. Menjadi tugas institusi untuk terus mencari sumber-sumber dana beasiswa. Begitu pun alumni, IPB University akan terus bekerjasama dengan alumni untuk menggalang beasiswa ini. Hal ini menjadi penting karena semua putra-putri Indonesia berhak masuk IPB University tanpa melihat latar belakang ekonomi keluarganya. Syarat untuk masuk IPB University hanya tiga, yaitu memiliki hardskill baik, softskill yang bagus, dan juga karakter yang unggul,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua YAPI, Hery Sunaryadi menyampaikan beberapa hal terkait pentingnya konser amal ini. Menurutnya, konser amal ini merupakan konser yang kedua, sebelumnya YAPI mengadakan konser pertamanya pada Desember tahun lalu.

“Kini, kami kembali melakukan penggalangan dana dengan mengundang musisi kelas atas Indonesia yaitu Addie MS dengan Twilite Orchestra. Ada juga Vina Panduwinata dan juga kakak kelas kita di IPB University yaitu Yana Julio. Tahun lalu, IPB University menerima mahasiswa baru yang mana 53 persen diantaranya memiliki orang tua yang berpenghasilan di bawah tiga juta rupiah per bulan. Sekira 20 persen dari angka tadi bisa dibantu oleh beasiswa Bidikmisi. Selebihnya menjadi tantangan bagi YAPI yang berusaha menjadi jembatan bagi mereka yang ingin menggapai mimpi-mimpinya walaupun mereka berasal dari keluarga yang secara finansial kurang beruntung,” ungkapnya.

Konser amal juga dihadiri oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang, Sofyan Djalil, Menteri Sosial, Agus Gumiwang, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya serta Direktur Utama (Dirut) dan Komisaris Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lainnya. (dinof/Zul)