25 radar bogor

Sungai Cipakancilan Dipenuhi Sampah, Iriana Jokowi : Ngeri Lihatnya

Iriana Jokowi saat pencanangan Aksi Gerakan Bersih di Sungai Cipakancilan Desa Cilebut Timur, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Kamis (19/9/2019).
Iriana Jokowi saat pencanangan Aksi Gerakan Bersih di Sungai Cipakancilan
Desa Cilebut Timur, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Kamis (19/9/2019).

BOGOR-RADAR BOGOR, Kondisi Sungai Cipakancilan di Desa Cilebut Timur, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, yang dipenuhi dengan sampah Kamis (19/9/2019), membuat Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengaku ngeri melihatnya.

Meski begitu, dia masih sempat membagikan buku tulis kepada masyarakat sekitar.

Meski hanya tersisa sedikit akibat terbawa arus dari hulu, usai sebelumnya dibersihkan aparat TNI Korem 061/Suryakancana, beberapa hari terakhir, Iriana tetap prihatin melihat kondisi sungai itu.

“Ngeri lihatnya. Mudah-mudahan ke depan bisa bersih dan bisa jadi tempat rekreasi, tempat berdagang juga oleh masyarakat,” kata Iriana saat pencanangam Aksi Gerakan Bersih di Sungai Cipakancilan.

Dia pun prihatin mengetahui bahwa di sungai itu banyak terdapat banyak sampah plastik, maupun sampah rumah tangga. “Ada kasur juga ya. Macam-macam ya sampahnya,” kata dia.

Sementara Danrem 061 Suryakancana, Kolonel Inf Novi Helmy Prasetya mengatakan, pihaknya telah melaksanakan aksi bebersih sejak pekan lalu dan sungai sempat bersih.

“Sempat bersih dari sampah, tapi ada lagi sekarang pas ibu (Iriana) datang. Sungai ini melintasi Kota dan Kabupaten Bogor sepanjang 8 kilometer dan merupakan anak Sungai Cisadane,” kata dia.

Dia pun berharap, kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai meningkat. Karena, hal itu akan merusak ekosistem, menimbulkan penyakit serta menyebabkan banjir.

“Untuk ke depannya, saya sudah bicara dengan Ibu Bupati Bogor, kalau sungai ini bersih bisa jadi taman yang bisa dinikmati masyarakat. Tidak ada yang tidak bisa,” tegasnya.

Dalam kesempatan ini, Iriana secara simbolis mencanangkan Gerakan Indonesia Bersih di Sungai Cipakancilan dengan menekan tombol sirine, hingga membuat dua unit alat berat bergerak mengangkat sampah dibantu para relawan, termasuk TNI. (cek/ysp)