25 radar bogor

BI Dorong UMKM Syariah Manfaatkan Teknologi

JAWAPOS PRODUK UMKM: Perajin menjual produk hasil UMKM. Di sisi lain, Lembaga Pengelola Dana Bergulir-Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) berhasil menyalurkan pembiayaan kepada 1 juta lebih KUMKM.
JAWAPOS
PRODUK UMKM: Perajin menjual produk hasil UMKM. Di sisi lain, Lembaga Pengelola Dana Bergulir-Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB-KUMKM) berhasil menyalurkan pembiayaan kepada 1 juta lebih KUMKM.

JAKARTA-RADAR BOGOR,Bank Indonesia (BI) mendorong pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) syariah memasarkan produk secara digital untuk memperluas akses pasar. Peluang pemanfaatan teknologi digital dalam pemasaran didukung oleh tingginya tingkat penetrasi internet di Indonesia.

Deputi Gubernur BI, Rosmaya Hadi menyatakan, BI telah melakukan program persiapan pemasaran online UMKM (on boarding). Di antaranya, pembinaan, pendampingan, capacity building, dan fasilitasi UMKM sesuai dengan klasifikasi kelasnya.

Kebijakan ekonomi dan keuangan syariah telah menjadi salah satu bauran kebijakan BI untuk dapat menjaga stabilitas dan mendorong momentum pertumbuhan ekonomi nasional. Adapun saat ini, pertumbuhan ekonomi tanah air memang melesu dari 5,07 persen pada kuartal-I 2019 menjadi 5,05 persen pada kuartal-II 2019.

“Hal itu diwujudkan dalam tiga program utama,” kata Rosmaya dalam acara Festival Ekonomi Syariah Kawasan Timur Indonesia (KTI) di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis (12/9).

Salah satu programnya ialah pengembangan ekonomi syariah dengan mengembangkan ekosistem halal value chain pada industri halal nasional. Hal ini untuk mendorong produk-produk halal seperti makanan halal, busana muslim, maupun pariwisata halal dapat dipasarkan kepada konsumen luar negeri.

“Kebijakan ini yang dapat mendorong ekspor dan devisa,” ujarnya.

Kemudian, pendalaman pasar keuangan syariah melalui penerbitan instrumen Sukuk Bank Indonesia (SUKBI). Terakhir, kampanye untuk mendorong halal life style, yang mendukung halal value chain. (JPG)