Beranda Bogor Raya

Truk Tambang Mulai Banyak Melintas di Cigudeg, Warga Khawatir

Salah satu truk tambang yang melintas di wilayah Cigudeg. Sofyansyah/Radar Bogor

CIGUDEG-RADAR BOGOR, Banyaknya truk tambang yang melintas di jalur Cigudeg-Dramaga, menjadi perhatian serius Bupati Bogor, Ade Yasin. Terlebih, hal tersebut dikeluhkan masyarakat karena dikhawatirkan dapat membahayakan pengendara lain.

Ade menjelaskan, pihaknya terus berupaya mencari solusi terbaik agar tidak ada yang rugikan.

“Sekarang kalau kami stop kasihan, karena sebagian warga pun bekerja di tambang baik supir maupun pengangkutnya. Makanya, kami fokus terhadap pembangunan jalur tambang sambil berkoordinasi dengan BPTJ (Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek),” jelasnya kepada Radar Bogor, kemarin.

Menurut dia, sementara ini truk yang mengarah ke Kota Bogor untuk masuk ke Jakarta dan sekitar melalui jalur utama. “Kami berharap jalur tambang segera terelisasi supaya keluhan dari semua elemen tidak terjadi lagi dan akses pun tak terganggu,” tambahnya

Sementara itu, Kabid Dalops Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor, Bisma Wisuda menjelaskan, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan terhadap truk yang kerap melintas arah Cigudeg maupun sebaliknya.

“Kami bersama Satlantas Polres Bogor melakukan penilangan truk tambang yang melintas di jalur utama,” jelasnya.

Bisma menjelaskan, pihaknya pun berencana menggelar razia besar khusus truk tambang agar bisa memberikan efek jera bagi pelanggar.

“Rencana ini untuk meminimalisir tingkat kecelakaan yang terjadi akibat muatan berlebihan oleh truk tambang,” pungkasnya. (nal)

Baca Juga