Beranda Bogor Raya

Lahan 5 Hektare di Tanjungsari Dilumat Api, Nyaris Membakar Puskesmas

Salah satu anggota Damkar Kabupaten tengah memadamkan api yang membakar lima hektare lahan kosong di Kampung Sirna, Rabu (11/9/2019).

TANJUNGSARI-RADAR BOGOR, Lahan terbuka seluas lima hektare di di Kampung Sirna, RT11/06) Desa Sinarasa, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Bogor, hangus terbakar hanya karena membakar sampah saat siang bolong ditambah kondisi cuaca yang terlampau terik, Rabu (11/9/2019).

Peristiwa itu baru diketahui oleh Abu, salah seorang warga yang saat itu berada tak jauh dari Puskesmas Tanjungsari. Abu melihat ada kepulan asap hitam dari atas lahan ilalang, kemudian disusul penampakan menyalaknya api. “Memang lokasinya tidak jauh dari puskesmas,” bebernya.

Melihat api yang semakin besar, warga pun langsung berusaha bertindak memadamkan api. Saat itu, petugas pemadam belum juga tiba di lokasi.

Warga berinisiatif, lantaran api sangat cepat menjalar ke ilalang kering yang ada di sana. “Karena apinya cepat menjalar, sambil menunggu warga padamkan api,” jelasnya.

Abu menduga, sumber api terjadi lantaran adanya pembakaran sampah yang dilakukan di sekitaran ilalang kering. Alhasil, api tersebut menyambar sedikit demi sedikit ilalang kering. “Pembakaran sampah sepertinya,” ungkapnya.

Sementara itu, Komandan Regu (Danru) Pemadam Kebakaran Sektor Cileungsi, Tubagus Eman Sulaeman mengaku, awalnya mendapatkan informasi dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kecamatan Tanjungsari. “Pembakaran di sekitar. Karena cuaca juga begitu panas, jadu lebih cepat menjalar,” terang Tubagus.

Tak butuh waktu lama, api berhasil dipadamkan. Damkar Sektor Cileungsi melakukan pendinginan hingga selesai pukul 15.00 WIB. Waktu pendinginan yang cukup lama ini lantaran luas dan asap bekas kebakaran api. “Pendinginan yabg cuku lama. Ridak ada korban,” tandasnya. (cr1/c)

Baca Juga