Beranda Bogor Raya

Punya Tiga Situs, Sukaharja Cijeruk Jadi Desa Wisata

Situs batu aseupan yang ada di desa Sukaharja, Kecamatan Cijeruk, menjadi salah satu objek wisata favorit. IST

CIJERUK-RADAR BOGOR, Pemerintah Kecamatan Cijeruk gencar memperkenalkan Desa Sukaharja sebagai salah satu desa wisata andalan.

Ya, Desa Sukaharja memiliki beberapa potensi wisata yang bisa memicu peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) pemerintah Kabupaten Bogor.

Menurut Camat Cijeruk, Hidayat Saputra Dinata, wilayah yang dipimpinnya terdiri atas sembilan desa.

Sembilan desa itu dibagi menjadi dua, yakni derah pegunungan yang terdiri atas, Desa Cijeruk, Cipelang, Tajurhalang, dan Sukaharja.

Pembagian kedua, yakni desa yang berdekatan dengan aliran Sungai Cisadane, Malasari, Cipicung, dan Cibaling.

“Kebetulan Desa Sukaharja memiliki potensi yang cukup untuk dijadikan desa wisata,” ujar Hidayat kepada radarbogor.id, Rabu (11/9/2019).

Setidaknya ada tiga objek wisata yang ada di Desa Sukaharja, dan sudah memiliki SK dari pemerintah Kabupaten Bogor. Yakni, situs Batu Aseupan, gua Langkop, dan situs Awas Paninggal.

“Situs batu aseupan atau kursi ini konon menjadi tempat persinggahan prabu Siliwangi,” kata Hidayat.

Bukan hanya situs. Desa Sukajarha juga memiliki kawasan objek wisata, berupa pohon pinus. Tempat lokasi ini terdapat beberapa spot untuk swafoto, dan camping ground.

“Kami akan terus memperkenalkan Desa Sukaharja ke khalayak umum. Kami ingin Kecamatan Cijeruk, terutama Desa Sukaharja menjadi salah satu objek wisata andalan,” imbuh Hidayat.(dkw)

Baca Juga