25 radar bogor

Mahasiswa Asing Belajar Budidaya Singkong dan Tebu di IPB University

BOGOR-RADAR BOGOR,Sekira 12 mahasiswa asing dari Filipina, Jepang, Vietnam, Taiwan dan Hongkong datang ke Indonesia untuk mengikuti kegiatan Summer Course di IPB University. Summer Course yang rencananya akan berlangsung hingga tanggal 12 September 2019 ini merupakan kerjasama antara Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM) dan Sungai Budi Group, Lampung. Selain mahasiswa asing, ada tiga mahasiswa IPB University yang menjadi peserta Summer Course.

Dalam sambutannya, Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, Kerjasama dan Pengembangan FEM, Dr Tanti Novianti, mengatakan peserta akan studi lapang di laboratorium lapang Jonggol (studi kelapa sawit) dan Sungai Budi Group Lampung selaku mitra IPB University untuk belajar singkong dan tebu.

“Tahun ini komoditas yang dibahas di Summer Course diperluas. Selain komoditas kelapa sawit, peserta juga akan belajar tentang singkong dan tebu. Mereka akan belajar ilmu agribisnis inklusif dan berkelanjutan yang merupakan salah satu kegiatan ekonomi terpenting, cara baru sektor pertanian,” ujarnya dalam pembukaan summer course di Ruang Sidang FEM, Kampus Dramaga, Bogor (4/9).

Dr Tanti berharap dari kegiatan ini mahasiswa asing dapat memperoleh pengetahuan dan pengalaman serta memahami tentang agribisnis yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia dan mampu bekerja sama dalam tim untuk mengembangkan jaringan internasional. “Dari kegiatan ini, IPB University dapat mempromosikan inovasi dan keilmuan yang dimiliki untuk masyarakat dunia melalui mahasiswa asing yang belajar di IPB University,” imbuhnya.

Sementara itu Direktur Program Internasional IPB University, Prof Iskandar Zulkarnain Siregar menyampaikan program Summer Course ini merupakan salah satu kegiatan internasionalisasi. Melalui program Summer Course, mahasiswa IPB University dapat berinteraksi, bertukar pengalaman dan informasi tentang pertanian dengan mahasiswa negara lain.

“Sedangkan mahasiswa dari negara lain juga dapat belajar berkomunikasi dengan mahasiswa IPB University terutama dapat belajar tentang agribisnis kontemporer yang ada di Indonesia, yang sekarang topiknya diperluas tidak hanya kelapa sawit (oil palm) tetapi ada singkong dan tebu,” ujarnya.

IPB University sebagai perguruan tinggi pertanian dan memiliki visi pertanian sangat relevan mengadakan kegiatan Summer Course ini untuk menarik minat mahasiswa asing belajar di IPB University. Kegiatan ini mampu mempromosikan IPB Unversity sebagai salah satu perguruan tinggi kelas dunia dengan mengenalkan peran perguruan tinggi dalam membangun sustainable agrifood management in Indonesia, diantaranya melalui teaching farm di berbagai unit terkait di IPB Unversity.

“Hal ini akan semakin mengokohkan reputasi IPB University dalam pengembangan pertanian tropika di tingkat internasional,” ujarnya. (awl/Zul)