Beranda Pendidikan

Ikuti Sakura Science Program, Sepuluh Mahasiswa IPB University Terbang ke Negeri Sakura Seba

JAKARTA-RADAR BOGOR,Sebanyak sepuluh mahasiswa Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan (SIL), Fakultas Teknologi Pertanian, IPB University mengikuti Sakura Program Exchange in Science atau lebih dikenal Sakura Science Program, pada 19-25 Agustus lalu.

Program ini merupakan program pertukaran pelajar atau mahasiswa dari beberapa negara berkembang ke Jepang dengan tujuan memperkenalkan dan memberikan pengalaman terkait perkembangan ilmu dan teknologi di Jepang.

Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat hubungan antara Jepang dan negara peserta serta mempromosikan sistem pendidikan dan penelitian Jepang. Kegiatan ini juga diikuti satu dosen pendamping, Dr. Eng. Heriansyah Putra.

Rangkaian kegiatan program ini diawali dengan welcome lunch party yang dilaksanakan di Rock Mechanics Laboratory. Pada kesempatan ini, peserta Sakura Science juga ditemani oleh Ketua Departemen SIL, Dr. Ir. Nora H. Pandjaitan, DEA yang juga berkunjung ke Ehime University dalam rangka diskusi kerjasama SIL IPB dan CEE Ehime University. Utusan SIL IPB disambut langsung oleh Prof. Hideaki Yasuhara, Prof Naoki Kinoshita dan beberapa mahasiswanya, baik mahasiswa program sarjana, master dan doktoral.

Pada hari berikutnya, peserta Sakura Science Program melakukan persiapan dan pembuatan sampel tanah untuk acara Soil Tower Contest. Kegiatan ini merupakan perlombaan sederhana, dimana mahasiswa dibagi menjadi beberapa tim dan setiap tim diminta untuk merancang material komposisi biogrouting yang tepat untuk meningkatkan kekuatan tanah. Biogrouting merupakan salah satu metode yang menggunakan prinsip presipitasi calcite untuk perkuatan tanah dan mencegah terjadinya likuifaksi.

Program ini juga memberikan pengalaman kepada mahasiswa SIL IPB University tentang teknis dan pengoperasian kilang penyimpanan minyak. Mahasiswa SIL IPB University berkesempatan mengikuti fieldtrip ke PT. Taiyo Oil Company yang berlokasi di Kota Imabari, Ehime Perfecture.

Rangkaian kegiatan Sakura Science Program kali ini ditutup dengan acara Completion Ceremony yang berlangsung pada Jumat, 23 Agustus 2019. Acara ini dimulai dengan pemberian sertifikat dan pin Sakura Science Member kepada setiap peserta, pemberian souvenir dari SIL IPB ke Prof. Hideaki Yasuhara dan diakhiri dengan foto bersama. Prof. Hideaki berharap para peserta dapat menikmati pengalaman singkat ini dan dapat kembali lagi ke Jepang untuk melanjutkan pendidikan master. Selain itu, Prof. Hideaki berharap kegiatan ini dapat berlanjut setiap tahunnya.

Selain mengikuti rangkaian kegiatan di kampus, peserta Sakura Science Program juga berkesempatan mengikuti City Tour mengunjungi beberapa destinasi wisata yang ada di Kota Matsuyama, seperti Sogo Koen, Dogo, Ookaido dan Matsuyama Castle. (VM/ris)

Baca Juga