Beranda Metropolis

Suhu di Bogor Capai 37 Derajat Celcius, Fenomena Apa? Ini Penjelasan BMKG

Ilustrasi Cuaca

BOGOR – RADAR BOGOR, Warga Bogor sepertinya masih akan merasakan cuaca panas hingga akhir Oktober 2019. Selasa (10/9/2019) hari ini misalnya, hawa panas di Bogor mencapai 37 derajat celcius.

Fenomana apa itu? Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bogor, suhu panas hingga 37 derajat celcius itu merupakan dampak dari fenomena El Nino, yang membuat kemarau masih akan berlangsung hingga Oktober mendatang.

El Nino merupakan siklus alami bumi yang berdampak pada kenaikan suhu akibat permukaan laut melebihi nilai rata-rata Samudra Pasifik sekitar ekuator.

“Kemarau tahun ini lebih panjang dan kering. Ini karena ada fenomena El Nino,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun BMKG Bogor, Hadi Saputra.

Hadi memaparkan, peningkatan suhu permukaan air laut ini secara kompleks akan menyebabkan banyaknya pembentukan awan dan hujan di daerah tersebut, sehingga terjadi peningkatan frekuensi cuaca buruk dan jumlah curah hujan.

Hadi memperkirakan, potensi kemarau akan terjadi hingga akhir Oktober. Sementara November merupakan musim peralihan ke musim penghujan.

Sementara, daerah yang terkena dampak paling besar di Bogor, adalah Kabupaten Bogor bagian timur seperti Cileungsi, Cariu, Sukamakmur dan Jonggol.(dkw)

Baca Juga