25 radar bogor

Lagu Kampus Terbaik Mengalun di Syukuran Pembukaan Dies Natalis ke-56

Kampus terbaik inspirasi tebarkan harapan
Kampus terbaik inovasi wujudkan impian
Kampus terbaik integritas kuatkan tujuan
Kampus terbaik beri terbaik untuk negeri, untuk dunia, umat manusia dan alam semesta

Ini adalah bagian dari bait lagu berjudul berjudul “Kampus Terbaik” karya Rektor IPB University, Dr Arif Satria. Lagu yang diciptakan khusus untuk menyambut Dies Natalis ke-56 ini dilantunkan bersama-sama dengan peserta yang hadir pada acara Pembukaan Dies Natalis di Agribussiness Technology Park (ATP), Cikarawang, Dramaga, Bogor, (1/9).

Lagu ini merupakan cerminan IPB University sebagai kampus yang terus melahirkan inovasi-inovasi yang menginspirasi. Menurut Rektor, ada tiga faktor yang membuat IPB menjadi eksis. Pertama, perannya dalam menginspirasi baik itu dalam bidang pertanian, pendidikan, serta sosial yang dapat diwujudkan dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kedua, inovasinya memiliki manfaat yang besar terutama untuk rakyat. Ketiga, IPB University terkenal karena dosennya, mahasiswanya, tenaga kependidikannya, alumninya diakui sebagai orang-orang yang memiliki integritas.

Sementara itu, Ketua Panitia Dies Natalis Ke-56, Dr Aceng Hidaya mengatakan, “Tema Dies Natalis tahun ini adalah Innovation for The Nation. Hal ini sesuai dengan tagline baru IPB University dimana IPB University ikut berkontribusi menciptakan berbagai inovasi untuk pembangunan dan kemajuan negeri.”

Acara pembukaan Dies Natalis juga diwarnai dengan penyerahan dana beasiswa yang berhasil digalang oleh Yayasan Alumni Peduli IPB (YAPI) dimana terkumpul senilai Rp 1,75 miliar. Tak hanya itu, juga dilakukan penandatangan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) antara IPB University dengan Pemerintah Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan dalam mendukung penelitian dan pengembangan pertanian serta dengan PT Sang Hyang Seri dalam optimalisasi pangan khususnya pada perbenihan.

Di akhir acara, dilakukan launching Smart and Precise Feeding yang dipandu oleh Dr. Dwi Guntoro, Kepada Sub Direktorat Teaching Farm, Direktorat Pengembangan Bisnis dan Kewirausahaan. Smart and Precise Feeding adalah inovasi manajemen pemberian pakan ikan secara otomatis melalui android. Inovasi ini memiliki kelebihan bisa mengatur waktu pemberian pakan secara otomatis.

Hadir dalam acara ini jajaran pejabat struktural, Senat Akademik (SA), Dewan Guru Besar, rektor periode sebelumnya diantaranya Prof AA Mattjik dan Prof Aman Wirakartakusumah. (SM/ris)