25 radar bogor

Mahasiswa IPB University Raih Juara 3 Debat Ekonomi Islam

BOGOR-RADAR BOGOR,Tiga mahasiswa Departemen Ilmi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Manajemen (FEM), IPB University, Reizha Nurul Huda, Hanif Muhammad Akram dan Atika Ayuningtyas berhasil menjadi Juara III Lomba Debat Ekonomi Islam.

Lomba ini merupakan rangkaian acara Unila Sharia Economic Festival yang digelar oleh Forum Studi Ekonomi Islam Universitas Lampung (25-26/08). Lomba dengan tajuk “Pengembangan Industri Halal Melalui Islamic Sosiopreneur di Era Millenial” ini diadakan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Lampung.

Selayaknya lomba debat pada umumnya, peserta lomba diberikan berbagai mosi yang dibahas pada perlombaan. “Banyak mosi-mosi yang menarik, apalagi pembahasan acara ini bertema ekonomi syariah, sesuai dengan bidang keilmuan saya. Ada satu mosi yang sangat menarik untuk dibahas yaitu perihal cryptocurrency sebagai alat pembayaran,”tutur Reizha.

Cryptocurrency merupakan mata uang digital atau virtual yang dirancang sebagai alat tukar dengan cara kerja yang didasarkan pada teknologi blokchain. Salah satu contoh cryptocurrency adalah Bitcoin. Reizha memaparkan bahwa cryptocurrency sendiri sudah beredar sejak lama, namun baru dikenal masyarakat secara meluas semenjak tahun 2009. Perihal sah atau tidaknya digunakan sebagai alat pembayaran, dalam ekonomi syariah masih menjadi perdebatan.

“Ada ulama yang memperbolehkan dan ada yang tidak. Sewaktu perlombaan, kami menjadi tim yang setuju perihal cryptocurrency menjadi alat pembayaran yang sah. Berdasarkan posisi tim, ada literatur yang telah kami cari dan baca sebelumnya, menyebutkan bahwa cryptocurrency boleh menjadi alat pembayaran, namun apabila cryptocurrency digunakan untuk investasi, itu tidak boleh,” tutur Reizha. (Karina/Zul)