25 radar bogor

Prof Eiji Nawata Paparkan Studi di Kyoto University

BOGOR-RADAR BOGOR,Untuk memberikan kesempatan kuliah di luar negeri pada mahasiswanya, IPB University telah membuat banyak kerja sama dengan berbagai universitas bergengsi di seluruh dunia. Salah satunya adalah Universitas Kyoto, Jepang.

Untuk mensosialisasikan kerjasama yang telah terjalin, Fakultas Pertanian (Faperta) IPB University mengadakan seminar ‘Study in Kyoto University’ yang mengundang Prof. Eiji Nawata, di Auditorium Toyib Hadiwijaya, Kampus Dramaga, Bogor, (29/8).

Dekan Faperta, Dr Ir Suwardi berharap mahasiswa IPB University dapat melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Dalam kesempatan ini, Dr Suwardi juga menceritakan pengalamannya saat menempuh pendidikan di Jepang.

Universitas Kyoto dan IPB University telah membuat kesepakatan kerja sama. Karena itu, tiap tahunnya terdapat setidaknya 15 mahasiswa IPB University yang dikirim ke Universitas Kyoto untuk mengikuti exchange program. Selain itu, Universitas Kyoto menawarkan program double degree, dimana mahasiswa IPB Univeristy dapat kuliah di dua universitas dalam waktu yang sama. “Kuliah satu tahun di IPB University, lalu berangkat ke Kyoto. Nanti lulus dengan dua degree,” ujarnya.

Sementara itu, dalam paparannya Prof Nawata mengatakan bahwa Kyoto adalah kota yang memiliki kondisi lingkungan ramah terhadap pelajar asing. Kyoto merupakan kota di Jepang yang masih menyimpan banyak budaya Jepang sehingga dapat dikatakan ‘the real japan’. Kondisi lingkungan ini yang menjadikan Universitas Kyoto dapat menjadi pilihan terbaik untuk mahasiswa asing. Universitas ini pun menyediakan akomodasi bagi mahasiswa asing, meski dengan kuota yang terbatas.

“Hingga saat ini, jumlah mahasiswa asing di Universitas Kyoto sebanyak 2.732 mahasiswa. Banyaknya mahasiswa asing tentu didukung dengan fasilitas yang disediakan. Terdapat program khusus, dimana bahasa pengantar dalam kuliah adalah bahasa inggris. Hal ini tentu memudahkan mahasiswa asing sehingga tak perlu mempelajari secara khusus bahasa jepang,” ujarnya.

Prof. Nawata menekankan beberapa hal penting terkait persiapan untuk kuliah di Universitas Kyoto. “Kontak profesor di Jepang, beasiswa, dan tes kemampuan bahasa inggris sangat penting,” imbuhnya.

Prof. Eiji Nawata pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Pertanian di Universitas Kyoto dan sekarang menjabat di bagian ASEAN Center Universitas Kyoto. (ASK/Zul)