25 radar bogor

Mahasiswa IPB University Kampanyekan Hidup Asik Tanpa Plastik

BOGOR-RADAR BOGOR,Aktivitas manusia tidak terlepas dari penggunaan plastik. Plastik membutuhkan waktu lama untuk terurai sehingga menimbulkan masalah pencemaran. Salah satu solusi dalam mengatasi permasalahan plastik adalah mengurangi penggunaan plastik, khususnya botol plastik.

Untuk itu Himpunan Mahasiswa Teknologi Industri (Himalogin) IPB University melakukan sosialisasi pengurangan penggunaan botol plastik melalui social project bertema “Asik tanpa Plastik”. Social Project ini merupakan bagian dari Festival of Agroindustry, sebuah kegiatan yang mengenalkan perkembangan agroindustri di Indonesia. Festival of Agroindustry sendiri terdiri dari beberapa kegiatan yakni social project, lomba business model canvas, esai infografis, seminar nasional, pameran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan food festival.

Asik tanpa plastik ini berhasil mengumpulkan 10.000 botol plastik. Pengumpulan botol plastik ini dilaksanakan di Kantin Sapta Dharma, Kampus Dramaga dan Taman Sempur, Bogor.

Rangkaian kegiatan ini dimulai tanggal 23 Agustus 2019 hingga 15 September 2019. Social project juga dihadiri oleh Mojang Jajaka Kota Bogor 2019.

“Botol plastik ini menempati posisi sampah terbanyak kedua di dunia. Bogor sudah menerapkan program ‘Bogor Tanpa Kantong Plastik’. Salah satu solusi mengurangi botol plastik adalah penggunaan tumbler. Namun sosialisasinya dirasa masih kurang. Botol plastik yang terkumpul nantinya akan kami kirimkan ke Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kota Bogor dan akan diberikan ke bank sampah. Kemudian bank sampah akan mendaur ulang botol tersebut dan membuat kerajinan,” terang Ketua Festival of Agroindustry, Ardani Lukman.

Ardani menjelaskan bahwa tantangan dalam mengkampayekan kehidupan tanpa plastik ini adalah belum muncul kesadaran dari mahasiswa maupun masyarakat. Mereka belum sadar mengenai bahaya penggunaan botol plastik secara terus-menerus.

“Dengan gerakan ini saya berharap masyarakat dapat mengurangi penggunaan plastik. Social Project ini juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dengan mengikuti video campaign. Konten video dapat berupa ajakan atau cara-cara unik dalam mengurangi plastik,” tambahnya. (Ghinaa/Zul)