25 radar bogor

Waspadai Gelombang Tinggi dan Curah Hujan Lebat Hingga Tiga Hari ke Depan

ilustrasi cuaca
ilustrasi cuaca

BOGOR-RADAR BOGOR, Munculnya aktivitas gelombang atmosfer Madden Julian Oscillation (MJO) dapat menyebabkan meningkatnya potensi pertumbuhan awan hujan cukup signifikan di wilayah Indonesia dalam beberapa hari ke depan.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, R. Mulyono R. Prabowo dalam keterangan tertulisnya menjelaskan, curah hujan tinggi diprediksi akan terjadi di beberapa wilayah dan diprakirakan akan berlangsung hingga 3 hari ke depan.

Wilayah-wilayah yang berpotensi hujan lebat pada periode 26 – 28 Agustus 2019, antara lain: Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kep. Riau, Jambi, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Papua, dan Jawa Barat.

Selain potensi hujan lebat, potensi gelombang tinggi 2.5 hingga 4.0 meter diprakirakan juga akan terjadi di Perairan utara Sabang, Perairan Sabang, Banda Aceh, Perairan barat Aceh hingga Kep. Mentawai, Perairan Enggano Bengkulu, Perairan barat Lampung.

Selat Sunda bagian selatan, Perairan selatan Jawa hingga P. Sumba, Selat Bali, Lombok, Alas bagian selatan, Perairan selatan P. Sawu, P. Rote, L. Sawu bagian selatan, Laut Timor selatan NTT, Samudra Hindia barat Sumatera hingga selatan NTT.

“Perlu diperhatikan risiko angin dan gelombang bagi keselamatan pelayaran: Perahu Nelayan (pada kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m), Kapal Tongkang (pada kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m),” terangnya.

Kemudian kapal Ferry (pada kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m), Kapal Kargo/Kapal Pesiar (pada kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m).

Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak lanjutan akibat cuaca yang dapat ditimbulkan seperti jalan licin, genangan, banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan pohon tumbang.

“Bagi masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” tandasnya.(pin)