25 radar bogor

Ujicoba LRT Jabodetabek Bayar Rp8.000, Harus Lewat Taman Rekreasi Dulu

LRT Jabodebek
LRT Jabodebek

CIBUBUR – RADAR BOGOR, Dalam waktu dekat pemerintah pusat bakal melakukan ujicoba terhadap Light Rail Transit (LRT) Jabodebek. Tahap pertama ujicoba akan dilakukan di LRT Cibubur-Cawang.

Sampai saat ini, berbagai kesiapan sarana prasarana LRT Jabodebek tersebut sudah nampak di Stasiun LRT Cibubur.

Lokasinya yang persis di samping jalan tol Jagorawi, tidak ada akses untuk menjangkau stasiun tersebut selain melalui pintu masuk Taman Rekreasi Wiladatika, Harjamukti, Depok.

Untuk masuk ke taman tersebut, tidak gratis. Bagi warga biasa harus mengeluarkan kocek Rp 8.000 per orang dan Rp 4.000 untuk anggota pramuka.

Berdasarkan pantauan, stasiun berwarna dominasi biru tersebut telah berdiri kokoh. Selain itu, rel dengan konstruksi jalur layang yang berada membentang sejajar Tol Jagorawi pun telah berdiri.

Diketahui, LRT Cibubur-Cawang ini memiliki panjang lintasan 13,7 km. Nantinya relasi ini akan memiliki 5 stasiun yakni Stasiun Cawang, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Kampung Rambutan, Ciracas dan Cibubur.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan, Light Rail Transit (LRT) bisa beroperasi pada akhir Oktober 2019.

“Kami targetkan beroperasi komersil di akhir Oktober 2019. Sebelum beroperasi, tentunya ada tahapan testing dan simulasi untuk mengecek betul kesiapannya baik jalur, listrik dan lain-lain,” kata Rini. (cr1/b)