25 radar bogor

Menristekdikti Perkenalkan Rektor Asing Pertama di Indonesia, Ini Sosoknya

Menristekdikti, Mohamad Nasir menghindari kampus I dan IV Unswagati Cirebon, Minggu (22/7). (Istimewa)
Menristekdikti, Mohamad Nasir menghindari kampus I dan IV Unswagati Cirebon, Minggu (22/7). (Istimewa)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Wacana rektor asing di kampus-kampus di Indonesia teresalisasi. Hal ini setelah Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengenalkan rektor asing pertama bernama Jang Youn Cho

Cho akan memimpin Universitas Siber Indonesia ke depannya.

“Pertama kali rektor asing yang msuk di Indonesia yaitu di Universitas Siber Indonesia yang diselenggarakan Universitas Nasional Jakarta,” kata Nasir di Hotel Grand Ina, Sanur, Bali, Senin 26 Agustus 2019.

Nasir mengatakan, Universitas Siber Indonesia merupakan lembaga pendidikan pertama yang sistem pendidikannya berbasis daring. Cho dipilih karena dinilai tepat.

“Universitas ini adalah yang pertama kali di Indonesia yang berbasis pada online, di mana mereka yang rektor tadi punya pengalaman mengelola perguruan tinggi (berbasis daring) ,” ujar Nasir dikutip dari medcom.id

Chou mempunyai rekam jejak yang bagus. Tercatat, Chou pernah mempunyai pengalaman di dua universitas yang berbeda negara.

“Satu memiliki pengalaman di Hamburg University di Korea selatan dan pernah jadi dosen sepuluh tahun di universitas di Amerika dan saat ini menjadi rektor di Universitas Siber Indonesia,” terang Nasir.

Nasir berharap dengan kehadiran Cho di Indonesia, mutu pendidikan di tanah air dapat meningkat

Seperti diketahui,Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir agar menyiapkanregulasi untuk mempermulus wacana rekrutmen rektor dan dosen asing di perguruan tinggi Indonesia. (med/ysp)