25 radar bogor

Matangkan Kajian Trem di Kota Bogor, Wawalkot Bakal Berangkat ke Belanda

Wakil Walikota Bogor Dedie A Rachim saat sidak ke trotoar Jalan Semeru, Selasa (7/8/2019). Nelvi/Radar Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR,Trem diproyeksikan akan masuk ke Kota Bogor pada 2020. Pemkot Bogor juga sudah berkomunikasi dengan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) untuk segera melakukan kajian.

Kajian itu juga akan dianggarkan di dalam APBD Kota Bogor, serta BPTJ dengan estimasi senilai Rp 200 juta.

Matikan Pengusaha Angkot, Organda Kota Bogor Tolak Transportasi Trem

Karena itu,Walikota Bogor Bima sendiri belum mengetahui konsep dan siapa yang akan mengelola trem tersebut.

Bahkan, dalam waktu dekat, wakilnya, Dedie A Rachim, ditugaskan untuk berangkat ke Utrecht, Belanda, melihat perkembangan Trem di negara tersebut.

“Yang penting kajiannya dulu. Dari kajian itu kita lihat kelayakan Kota Bogor untuk trem tadi. Kalau misalnya cocok dengan trem yang di Utrecht ya bisa. Tapi kalau tidak trem nya bisa darimana saja,” jelasnya.

Yang jelas, sambung Bima, perencanaan trem sudah ada di di Bogor Transportation dengan rute di sekitaran Kebun Raya Bogor, Stasiun Bogor, Suryakencana dan kembali lagi ke Jalan Padjajaran.

Namun, perlu kajian detail untuk mengetahui berapa pembiayaan dan berapa lama pekerjaannya, apakah perlu perluasan atau tidak, serta pembiayaan dari mana saja.

“Kalau dibangun kapan, paralel saja dengan LRT. Kita tidak tahu, kalau LRT mulus tahun depan, tapi trem tetap berjalan,” pungkasnya. (gal/ysp)