25 radar bogor

Gempa Susulan Guncang Nanggung, Warga Tidur di Tenda Darurat

Petusa BPBD Kabupaten Bogor mengungsikan warga ke tenda darurat. (dok.BPBD Kabupaten Bogor)

NANGGUNG-RADAR BOGOR,Sebanyak 7 kali gempa susulan kembali melanda wilayah Kabupaten Bogor tepatnya di Kampung Citalahap, Desa Malasari, Kecamatan Nanggung.

Bahkan, untuk malam hari warga tidur di tenda darurat yang dibangun oleh BPBD Kabupaten Bogor.

“Sampai hari ini pengungsi malam saja ke tenda, pagi kembali ke aktivitas rumah dan pekerjaan. Di Citalahab terdapat sekitar 50 KK yang mengungsi ke tenda, dan jumlahnya selalu berubah-rubah tergantung intensitas gempa,” kata Kasi Kadaruratan BPBD Kabupaten Bogor Asep Usman kepada Radar Bogor Jumat (23/8/2019).

Bogor Diguncang Gempa Magnitudo 4,0, Terasa Hingga Jakarta

Asep juga menambahkan, untuk kerusakan mayoritas rusak ringan dan BPBD sudah mendirikan 2 tenda peleton di lokasi Citalahab sejak Rabu lalu, masyarakat juga ada yang swadaya memakai tenda terpal.

“Untuk Desa malasari ada tiga kampung yang terdampak yakni Citalahab, Garung dan Hanyawar ada pengungsi tapi tidak banyak dan selama dua hari sekitar 7 kali dirasakan tim BPBD,” jelasnya.

Gempa Sukabumi Guncang Nanggung-Pamijahan, Bangunan Rusak 80 KK Terdampak

Hal senada dikatakan Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung Tony Agus Wijaya mengatakan, gempa yang mengucang Sukabumi Utara dan Bogor pada intensitas II hingga III MMI yakni getaran gempa dirasakan oleh beberapa orang.

“Secara umum masih berpotensi terjadi gempa dengan kekuatan kecil sekitar sesar lokal kluster Bogor dengan magnitudo 2,0 hingga 4,0 tetap tidak berdampak merusak,” tegasnya. (nal)