25 radar bogor

Dapat Bisikan Zulhas, Amien Rais: PAN Tetap jadi Oposisi

Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais menegaskan dirinya sangat setuju dengan rekonsiliasi nasional demi keutuhan bangsa. (Hendra Eka/JawaPos)
Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais . (Hendra Eka/JawaPos)

JAKARTA-RADAR BOGOR,Partai Amanat Nasional (PAN) memutuskan untuk tidak bergabung ke dalam pemerintahan Jokowi-Ma’ruf periode 2019-2024. Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais mengatakan, sudah mendapatkan informasi dari Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) bahwa partai berlogo matahari ini sudah memutuskan untuk berada di luar koalisi.

“Tadi, saya dibisiki oleh bapak ketua umum, bahwa nanti PAN tidak ikut dalam kabinet yang akan datang,” ujar Amien Rais dalam HUT PAN ke-21 di kawasan Pluit, Jakarta, Jumat (23/8).

Oleh sebab itu, dengan keputusan tersebut, maka PAN ke depannya akan memberikan masukan dan mengawal jalannya pemerintahan selama lima tahun mendatang.

“Jadi, nanti Insya Allah kami di luar memberikan masukan, dan kritik, tapi tetap memberikan dorongan dan support,” katanya.

Amien mengatakan senang karena akhirnya PAN menentukan sikap tidak menjadi bagian dari koalisi Jokowi-Ma’ruf Amin. “Bagi kami ini jelas dan cukup melegakan,” ungkapnya.

Sekadar informasi, selain PAN, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) juga memutuskan sebagai oposisi. PKS bertekad mengawasi jalannya pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin.

Bagi PKS menjadi oposisi sama istimewanya sebagaimana partai yang masuk koalisi pemerintahan. Sebab di negara demokrasi, dibutuhkan peran oposisi untuk mengontrol jalannya pemerintahan agar tidak salah arah.