25 radar bogor

Terungkap! Lokasi Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur

Ibukota baru di Kalimantan Timur.
Ilustrasi ibukota baru

JAKARTA-RADAR BOGOR, Teka-teki dimana lokasi tepat ibukota baru terungkap. Menteri ATR Sofyan Djalil menyebut lokasi ibukota baru berada di Kalimantan Timur.

Lokasi ibu kota baru negara Republik Indonesia diputuskan di Provinsi Kalimantan Timur.

“Iya, Kaltim benar, tapi belum tahu lokasi spesifiknya di mana yang belum,” kata Sofyan di Kemenko Perekonomian, Kamis (22/8/2019) seperti dikutip dari detik.com.

Kota Pancasila jadi Konsep Ibu Kota Baru, 800 Ribu PNS Bakal Pindah ke Kalimantan

Dia bilang lahan seluas 3 ribu hektar telah disiapkan untuk pembangunan tahap pertama. Sementara luas keseluruhan 200-300 ribu Ha.

Sementara itu, Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra Saleh Atmawidjaja mengungkapkan, desain Kota Pancasila disesuaikan dengan falsafah dan ideologi bangsa, yakni Pancasila.

Tata letak kota di lima poros tersebut juga disesuaikan dengan setiap sila.

“Misalnya Poros Kerakyatan, nanti di situ ada gedung DPR/MPR. Lalu, Poros Ketuhanan, nanti ada masjid agung dan fasilitas ibadah lainnya,” jelas Endra kepada Jawa Pos kemarin (21/8).Dia menyatakan, sebenarnya desain tersebut sama sekali jauh dari kata final. Desain itu dipakai Kementerian PUPR dalam rapat-rapat musyawarah tentang ibu kota.

Sebelumnya, Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor mengungkapkan jika Presiden Joko Widodo menyebut Kalimantan Timur sebagai provinsi paling siap untuk ibukota baru.(dtk/ysp)