25 radar bogor

PLTA Sungai Kayan Mulai Dibangun 2020

Ilustrasi Pemadaman Listrik
Ilustrasi Pemadaman Listrik

JAKARTA-RADAR BOGOR, PT Kayan Hidro Energi telah menandatangani MoU dengan PT Adhi Karya dan PT Pelindo IV terkait pembangunan PLTA Sungai Kayan di Kalimantan Utara. Pembangunan ditargetkan mulai berjalan pada 2020.

“Pada tahun 2024 sudah bisa menghasilkan listrik,” kata Direktur Operasi PT Kayan Hidro Energy, Khaeron di Jakarta, Rabu (21/8).

Untuk tahap awal akan dibangun bendungan Kayan 1 dan 2. Nantinya, total ada lima bendungan dengan kapasitas 9.000 megawatt. “Selanjutnya dibangun secara bertahap,” ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Staf Presiden Moeldoko mengatakan dalam perjanjian yang ditandatangani PT Kayan Hidro Energi selaku pihak yang membangun PLTA dengan dua BUMN yakni PT Adhi Karya dan PT Pelabuhan Indonesia IV terdapat tiga proyek strategis nasional yang berada di Kalimantan Utara.

Tiga proyek tersebut meliputi pembangunan pembangkit listrik tenaga air yang menghasilkan listrik hingga 9.000 megawatt, pembangunan pelabuhan dan kawasan industri.

“Jadi, tiga kegiatan besar itu sekaligus dalam satu kawasan terintegrasi,” kata Moeldoko saat memberikan keterangan usai penandatanganan MoU. (jpnn)