25 radar bogor

Pengamat: Lonjakan Ekspor Pertanian Kado HUT ke-74 RI

JAKARTA-RADAR BOGOR,Lonjakan ekspor produk pertanian selama 4,5 tahun terakhir merupakan “kado” terbaik untuk Indonesia yang telah berusia 74 tahun. Kabar itu tentu harus diapresiasi.

“Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman berhasil memberikan hadian yang membahagiakan untuk ulang tahun kemerdekaan Indonesia ke 74 tahun,” ucap pengamat sosial pertanian Institute Policy for Agro Reform (InsPAR) Faiz Ismu Amir, Senin (19/8/2019).

Faiz mengatakan, cita-cita agar Indonesia mampu ekspor produk pertanian merupakan hal yang selalu ditunggu semua kalangan masyarakat Indonesia.

Strategi dan kebijakan Amran Sulaiman selama menjabat ternyata terbukti jitu dengan melejitnya setiap tahun ekspor produk pertanian Indonesia dan siap bersaing di pasar global.

“Ada beberapa kebijakan yang patut diapresiasi terkait dukungan ekspor, antara lain melesatnya pembangunan infrastruktur pertanian, mekanisasi dan pendampingan ke petani yang rutin,” ujar Faiz.

Selain itu, Faiz mengungkapkan, Amran Sulaiman mampu berkolaborasi dengan bebagai pihak lainnya untuk menekankan pentingnya produktivitas pertanian sebab berpengaruh ke perekonomian negara.

Beberapa waktu lalu, Amran Sulaiman kembali melepas ekspor produk pertanian sebanyak 10,5 ribu ton atau senilai Rp 1,1 triliun. Amran mengungkapkan, ada 80 jenis komoditas pertanian berhasil diekspor. (jpnn)