25 radar bogor

Kerusuhan Pecah di Kabupaten Fakfak, Pasar Dibakar Massa

Pasar Tumbruni dibakar. (twitter)

FAKFAK-RADAR BOGOR, Kerusuhan kembali pecah di Papua. Massa membkolade jalan di Kabupaten Fakfak serta membakar Pasar Tumbruni, Rabu (21/8/2019).

Dikutip dari CNNIndonesia, situasi di Fakfak kembali tegang pada pagi ini lanjutan kerusuhan yang  terjadi sejak Selasa (20/8) sore.

“Di sini lagi ribut, lagi panas-panasnya, bakar pasar, perusakan bandara,” kata salah seorang warga, Eko kepada CNNIndonesia.com.

Dia mengatakan saat ini Pasar Tamburuni telah dibakar massa. Sejumlah kios tutup sehingga pusat perekonomian terhenti.

Eko dan sejumlah warga kesulitan mencari makan karena tak ada pedagang yang membuka toko mereka.

https://twitter.com/nextgirl81/status/1164012232721588225

“Saya tadi pagi sempat keluar, kami butuh makan, cuma akses perekonomian sekarang lagi enggak bisa, belanja apapun enggak bisa, kios-kios tutup. Cari makan susah, terpaksa makan mi,” kata Eko.

Sementara akses jalan menuju kantor DPRD Kabupaten Fakfak telah ditutup. Eko mengatakan tidak ada pembakaran di kantor tersebut.

Menurutnya, aparat kepolisian dari Polres Fakfak telah mengimbau untuk tetap berada di dalam rumah.

“Imbauan dari kapolres agar masyarakat di rumah saja,” ujarnya.

Kerusuhan di Fakfak berlanjut ketika sejumlah kota di Papua memanas. Sebelumnya, kerusuhan terjadi di Manokwari, Jayapura, serta Sorong.

Rusuh di Papua imbas kasus pengepungan Asrama Papua di Surabaya dan peristiwa di Malang. Sebanyak 43 mahasiswa ditangkap aparat kepolisian dari Asrama Papua di Surabaya. (cnn/ysp)